SUKAMTO, SUKAMTO (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU DI WILAYAH DAERAH BINAAN 2 KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Sukamto 21560055.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Sukamto. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah,
Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja
Guru di Wilayah Dabin 2 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Tesis.
Pembimbing I. Dr. Rasiman, M.Pd, Pembimbing II Dr. Muhtarom, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah ada pengaruh
supervisi akademik pengawas sekolah dengan kinerja guru?, 2) apakah ada
pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru?, 3) apakah ada
motivasi berprestasi dengan kinerja guru, 4) apakah ada pengaruh supervisi
akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, dan ,otivasi
berprestasi secara bersama dengan kinerja guru?
Jenis penelitian ini adalah deskriptive correlation study atau deskriptif
assosiation study yaitu untuk meneliti hubungan antara dua variabel atau lebih.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Dabin 2 Kecamatan
Kembang sejumlah 77 orang. Sampel penelitian diperoleh 77 orang dengan
keseluruhan populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket.
Analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis
yang meliputi analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda dengan
program SPSS for windows versi 26.
Hasil penelitian ini adalah: 1) supervisi pengawas sekolah berpengaruh
terhadap kinerja guru, hasil perhitungan diperoleh thitung (7,064) > ttabel (1,992)
dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), maka H 1 diterima. Koefisien korelasi
sebesar 0,632 dan indeks determinasi sebesar 0,400; 2) kepemimpinan kepala
sekolah berpengaruh dengan kinerja guru, hasil perhitungan diperoleh thitung
(5,632) > ttabel (1,992) dan nilai signifikasi 0,000 (p<0,05), maka H2 diterima.
Koefisien korelasi sebesar 0,545 dan indeks determinasi sebesar 0,297; 3)
motivasi berprestasi guru berpengaruh terhadap kinerja guru, hasil perhitungan
thitung (8,584) > ttabel (1,992) dan nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05), maka
H3 diterima. Koefisien korelasi sebesar 0,496 dan indeks determinasi sebesar
0,496; 4) supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah,
dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru
dilihat dari hasil uji F menunjukkan nilai F hitung (39,156) > Ftabel (2,73) dengan
probabilitas 0,000<0,05, sehingga H4 diterima. Koefisien korelasi ganda
diperoleh sebesar 0,785 dan indeks determinasi sebesar 0,617.
Saran dalam penelitian ini adalah disarankan agar pengawas sekolah sering
melakukan supervisi akademik terhadap guru-guru untuk meningkatkan motivasi
berprestasi dan kinerja guru. Kepala sekolah hendaknya memberikan berbagai
pertimbangan dan kebijakan yang mendukung program sekolah, melakukan
pengawasan pelayanan sekolah serta selalu menindaklanjut dari berbagai masukan
dan aspirasi seluruh guru dalam mencapai visi dan misi sekolah.
Kata kunci: Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala
Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/662 |