ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS VB SDN PEDURUNGAN KIDUL 01

MARTHA, THOYIB (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS VB SDN PEDURUNGAN KIDUL 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of THOYIB MARTHA.pdf] Text
THOYIB MARTHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

THOYIB MARTHA. NPM 16120425. “Analisis Kesulitan Belajar
Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Matematika Materi
Volume Bangun Ruang Kelas Vb Sdn Pedurungan Kidul 01”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum dan Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
November. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan
kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan
matematika materi volume bangun ruang.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang dialami
oleh siswa SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang dalam pemecahan masalah
matematika materi volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apa saja kesulitan yang di alami siswa dalam pemecahan masalah
matematika.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode
tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VB SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang.
Hasil Penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 27 siswa yang
mengalami kesulitan adalah 12 siswa. Dalam penelitian terdapat beberapa temuan
yaitu : (1) kesulitan siswa dalam memahami masalah, mengubah satuan dan
kesulitan dalam berhitung. (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam
memecahkan masalah matematika materi volume bangun ruang antara lain faktor
siswa dan guru.
Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami
kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika
materi volume bangun ruang. Saran kepada siswa yaitu lebih teliti dan memahami
dalam mengerjakan soal agar tidak keliru atau salah dalam mengerjakan soal, dari
kesalahan yang dialami siswa dapat menjadikan pelajaran agar lebih baik dari
sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 06:24
Last Modified: 24 Oct 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

View Item
View Item