PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

OCTAVIANI, THANIA (2021) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of THANIA OCTAVIANI.pdf] Text
THANIA OCTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah
matematika berbeda antara satu dengan lainnya. Kemampuan tersebut erat
kaitannya dengan kemampuan komunikasi matematis, karena hasil dari berpikir
kreatif akan dapat disampaikan secara baik dengan adanya komunikasi matematis
yang
baik
pula.
Penelitian
deskriptif
kualitatif
ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah
matematika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian
adalah tiga siswa kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Tanjung yang ditentukan
berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis dengan kategori tinggi,
sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan
komunikasi matematis, tes kemampuan berpikir kreatif, dan pedoman wawancara.
Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan komunikasi matematis
tinggi bisa menuliskan 3 kemungkinan jawaban dengan benar dan beragam, bisa
memberikan cara penyelesaian lebih dari satu, serta bisa memberikan jawaban
menggunakan cara baru (tidak biasa) sehingga memenuhi semua indikator
berpikir kreatif. Siswa yang berkemampuan komunikasi matematis sedang bisa
menuliskan 3 kemungkinan jawaban dengan benar dan beragam, bisa memberikan
2 cara penyelesaian yang berbeda, sehingga memenuhi indikator kefasihan dan
fleksibilitas, sedangkan indikator kebaruan tidak terpenuhi karena siswa hanya
bisa memberikan jawaban berbeda namun cara yang digunakan masih sama
(biasa). Siswa yang berkemampuan komunikasi matematis rendah hanya
memenuhi indikator kefasihan dengan menuliskan 2 kemungkinan jawaban secara
benar dan beragam, siswa tidak bisa memberikan jawaban dengan lebih dari satu
cara yang tidak biasa sehingga indikator fleksibilitas dan kebaruan tidak
terpenuhi.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 06:21
Last Modified: 24 Oct 2024 06:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item
View Item