ASRORI, LUTFI ANWAR (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN SBdP MATERI MONTASE KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Lutfi Anwar Asrori.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
LUTFI ANWAR ASRORI. NPM 17120353. “Pengembangan Multimedia
Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran SBdP Materi
Montase Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa kurang tertarik dan kurang
antusias dalam proses pembelajaran SBdP, serta kurangnya media pembelajaran
pada mata pelajaran SBdP kelas IV sekolah dasar khususnya materi montase.
Oleh karena itu, guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik
dan inovatif dalam pembelajaran SBdP salah satunya dengan multimedia
interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran SBdP materi montase
kelas IV sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah
karakteristik multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata
pelajaran SBdP materi montase kelas IV sekolah dasar?, 2) Bagaimanakah
kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada
mata pelajaran SBdP materi montase kelas IV sekolah dasar.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D). Dalam penelitan dan pengembangan ini berpedoman
pada alur berpikir Borg dan Gall sampai pada tahap kelima yaitu melakukan revisi
produk setelah ujicoba. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan di SDN
Trimulyo 01 Juwana, SDN Bumirejo, dan SDN Trimulyo 02.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dan materi. Hasil validasi
yang dilakukan oleh ketiga ahli materi mendapatkan rata-rata persentase 94,66%,
sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh ketiga ahli media mendapatkan rata-
rata persentase 83,47%. Hasil tanggapan guru yang dilakukan oleh ketiga guru
mendapatkan rata-rata persentase 98%, sedangkan hasil respon siswa
mendapatkan rata-rata persentase 99,3%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik”
untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP kelas IV materi montase.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran SBdP
materi montase kelas IV sekolah dasar dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif media pembelajaran di sekolah dan perlu adanya pengembangan lebih
lanjut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 04:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 04:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6612 |