NEGORO, SRIWARI ADI (2023) BUDAYA KEUNGGULAN AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BINTORO 5 DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Sriwari Adi Negoro 20510028.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Negoro, Sriwari Adi. 2023. “Budaya Keunggulan Akademik di Sekolah Dasar
Negeri Bintoro 5 Demak”. Tesis Pembimbing I Dr. Ngasbun Egar, S.Pd., M.Pd.,
Pembimbing II Dr. Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd.
Fokus dalam penelitian ini 1) keandalan kolektif dalam Budaya
Keunggulan Akademik di SD Negeri Bintoro 5 Demak, 2) kepercayaan staf
terhadap orang tua dan siswa dalam Budaya Keunggulan Akademik di SD Negeri
Bintoro 5 Demak, dan 3) penekanan akademik dalam Budaya Keunggulan
Akademik di SD Negeri Bintoro 5 Demak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan filsafat positivisme untuk
meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci,
sumber data berupa sumber data primer dan sekunder, pengambilan sampel
dilakukan secara purposive dan snowball, Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan triangulasi data, dan analisis data bersifat induktif/kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan sekolah dalam
menciptakan budaya keunggulan akademik yang unggul melalui berbagai strategi.
Pertama, SD Negeri Bintoro 5 Demak berhasil menanamkan Budaya Keandalan
Kolektif dengan merangkul pengalaman penguasaan kompetensi oleh guru,
konsistensi dalam strategi pembelajaran, semangat kompetitif positif, serta
penerapan persuasi sosial. Pembangkitan emosional melalui tata tertib, ketepatan
waktu, dan pemberian penghargaan membentuk atmosfer kebersamaan dan
semangat belajar. Meskipun demikian, tantangan dan perluasan upaya untuk
meningkatkan dampak emosional positif memerlukan perhatian lebih lanjut.
Kedua, kepercayaan staf pengajar terhadap siswa dan orang tua dibangun melalui
strategi yang terstruktur, termasuk kegiatan kepanitiaan, pertanggungjawaban, dan
kolaborasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Guru tidak hanya berperan sebagai
pendidik akademik tetapi juga sebagai figur tauladan dan pembimbing karakter
siswa. Keterlibatan orang tua dianggap krusial sebagai mitra dalam menciptakan
lingkungan belajar yang positif. Selanjutnya, penelitian ini menyoroti penekanan
akademik melalui praktik kerja kolaboratif yang efektif, komitmen untuk
perbaikan pengajaran dan pembelajaran, serta ekspektasi tinggi dan standar
akademik yang tinggi.
Saran yang bisa peneliti sampaikan yaitu manajemen pengelolaan beban
kerja, pemantauan dan evaluasi dampak emosional positif, peningkatan program
kepanitiaan, dan perhatian khusus pada keberagaman siswa. Penelitian ini
menyediakan kontribusi penting untuk pemahaman lebih lanjut tentang strategi
dan praktik yang dapat memperkuat budaya keunggulan akademik di lingkungan
pendidikan dasar, khususnya di SD Negeri Bintoro 5 Demak.
Kata Kunci: budaya, budaya optimisme akademik, kepercayaan staf, dan
keandalan kolektif, penekanan akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:50 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/661 |