PENGEMBANGAN MEDIA RUBIK CARD TEMATIK SUBTEMA SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR

KURNIA, LUSIANTI EKA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA RUBIK CARD TEMATIK SUBTEMA SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LUSIANTI EKA KURNIA.pdf] Text
LUSIANTI EKA KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

LUSIANTI EKA KURNIA. NPM 16120438. “Pengembangan Media Rubik
Card Tematik Subtema Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang.Desember 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kurangnya
kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga terjadi
rendahnya minat belajar siswa dan berdampak pada konsentrasi siswa. Siswa
kurang berperan aktif dalam pembelajaran karena proses belajar mengajar lebih
didominasi oleh guru. Kurang maksimalnya guru dalam menggunakan media
pembelajaran secara inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Terbatasnya
media pembelajaran yang dimiliki oleh pihak sekolah untuk pembelajaran,
sehingga siswa kurang tertarik. Oleh karena itu perlu adanya variasi dalam belajar
agar siswa mendapat suatu pembelajaran yang lebih menarik.
Rumusan Masalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan
media Rubik Card Tematik Subtema Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar ?
Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah 1) Untuk mengembangankan
Media Rubik Card Tematik Subtema Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar. 2)
Untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan Media Rubik Card Tematik
Subtema Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and
Delevopment (R&D). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IVB Khodijah berjumlah 23 siswa perempuan dan kelas IVC Abdurrahman yang
berjumlah 37 siswa laki-laki.
Hasil analisis angket validasi yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran
menunjukkan 85,93% yang termasuk dalam kriteria sangat layak dan validasi ahli
media pembelajaran menunjukkan presentase sebesar 80,88% yang termasuk
dalam kriteria sangat layak. Sehingga media Rubik Card Tematik sangat layak
diterapkan dalam pembelajaran tematik Subtema Sumber Energi kelas IV SD.
Hasil analisis angket respon siswa di kelas IVB Khodijah menunjukkan presentase
97,02% dan di kelas IVC Abdurrahman menunjukkan presentase 94,40% artinya
bahwa media Rubik Card Tematik sangat layak digunakan karena dapat
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menarik dan tidak
monoton dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran tematik khususnya Subtema Sumber Energi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya
media Rubik Card Tematik ini dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif
guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:46
Last Modified: 24 Oct 2024 04:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item
View Item