PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN UKURAN WAKTU KELAS V SDN MRANGGEN 2

BAHTIAR, TEGUH (2021) PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN UKURAN WAKTU KELAS V SDN MRANGGEN 2. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of TEGUH BAHTIAR.pdf] Text
TEGUH BAHTIAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

TEGUH BAHTIAR. “Pengaruh Permainan Modifikasi Ular Tangga Terhadap
Hasil Pembelajaran Matematika Materi Satuan Ukuran Waktu Kelas Ⅴ SDN
Mranggen 2”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi karena di dalam pembelajaran matematika
materi satuan ukuran waktu hasil yang diperoleh sangat rendah. Hal tersebut
disebabkan
karena
kurangnya
pembelajaran
yang
berpengaruh
dalammengoptimalkan kemampuan belajar siswa karena dalam pembelajaran
belum menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan
siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah media Permainan
Modifikasi Ular Tangga berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika materi
Satuan Ukuran Waktu kelas Ⅴ SDN Mranggen 2 Kecamatan Mranggen,
Kabupaten Demak?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
Untuk mengetahui pengaruh media Permainan Modifikasi Ular Tangga terhadap
hasil belajar Matematika materi Satuan Ukuran Waktu kelas Ⅴ SDN Mranggen
2 Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True-
Eksperimenteal Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Mranggen 2 2020/2021. Sampel yang
diambil adalah 61 siswa yaitu kelas eksperimen (ⅤA) 30 siswa dan kelas control
(ⅤB) 31 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (soal pilihan
ganda).
Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen yaitu
dari jumlah 30 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 28 siswa dengan nilai
rata-rata 86,5. Sementara kelas control dari jumlah 31 siswa yang mencapai
tuntas belajar yaitu 10 siswa dengan rata-rata 59,2. Sedangkan hasil analisis uji t
dengan thitung = 7,894 dan ttabel = 1,678 maka thitung > ttabel sehingga ho ditolak dan
ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media
permainan modifikasi Ular Tangga dengan hasil belajar siswa menggunakan
metode konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya media Permainan Modifikasi Ular Tangga digunakan sebagai salah satu
alternative guru dalam melakukan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:47
Last Modified: 24 Oct 2024 04:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6608

Actions (login required)

View Item
View Item