PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS CERITA LEGENDA PADA KELAS VIII SMP IT DAARUT TAHFIDZ KARANGASEM KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020

WIBAWANTI, LULUK (2021) PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS CERITA LEGENDA PADA KELAS VIII SMP IT DAARUT TAHFIDZ KARANGASEM KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LULUK WIBAWANTI.pdf] Text
LULUK WIBAWANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Luluk Wibawanti “ Penerapan Media Video Animasi dengan Metode
Inquiry dalam Pembelajaran Meringkas Teks Cerita Legenda”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Alfiah,
S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Dr. Sunarya, S.S,M.Hum Desember 2020.
Kata Kunci: Meringkas, Media, Metode, Cerita Legenda.
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VIII
SMP IT Daarut Tahfidz Karangasem dalam meringkas teks cerita legenda dan
minimnya media dan metode pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran
meringkas cerita legenda menjadi membosankan. Berhubungan dengan masalah
tersebut, maka rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimana hasil
penerapan media video animasi dengan metode inquiry dalam
pembelajaran meringkas teks cerita legenda pada kelas VIII SMP IT Daarut
Tahfidz Karangasem Kabupaten Demak Tahun 2020? Dengan demikian tujuan
penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media
video animasi dengan metode inquiry dalam pembelajaran meringkas teks cerita
legenda kelas VIII SMP IT Daarut Tahfidz Karangasem Kabupaten 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kulitatif. Penelitian ini
hanya menggunakan satu kelas dan hanya mengadakan test. Hasil dari tes ini akan
dibandingkan dengan KKM mata pelajara Bahasa Jawa. Populasi di dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII B SMP IT Daarut Tahfidz
Karangasem, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah
31 siswa yang tidak masuk 3 dikarenakan keluar. Pengambilan data penelitian ini
akan dilaksanakan menggunakan tes Selanjutnya, data yang sudah dikumpulkan
tersebut selanjutnya dibahas atau dianalisis.
Berdasarkan Hasil analisis data test, hasil penelitian menjelaskan bahwa
dari 28 siswa ada 1 siswa atau 4% yang tidak tuntas dan 27 siswa atau 96% yang
sudah tuntas Nilai rata-rata kelas hasil dari test adalah 80,65. Nilai tersebut sudah
mencapai nilai KKM sekolah yaitu 70. Rentan nilai rata-rata test > KKM. Banyak
siswa yang nilainya mencapai batas ketuntasan, artinya sudah mencapai nilai
KKM. Dari hasil penelitian terbukti bahwa media video animasi mempengaruhi
pembelajaran meringkas cerita legenda. Dengan demikian, media video animasi
dapat digunakan untuk pembelajaran meringkas teks cerita legenda siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:39
Last Modified: 24 Oct 2024 04:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item
View Item