ANALISIS PEMANFAATAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS I SDN 2 PURWOSARI KENDAL

ISTITO’AH, LULUK (2021) ANALISIS PEMANFAATAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS I SDN 2 PURWOSARI KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LULUK ISTITO'AH.pdf] Text
LULUK ISTITO'AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Luluk Istito’ah. NPM 17120249 “Analisis Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar
Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas I SDN 2 Purwosari Kendal”.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Univeritas PGRI Semarang. Pembimbing I Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd dan
Pembimbing II Mila Karmila, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya guru
memanfaatkan buku cerita bergambar dalam kegiatan belajar mengajar karena
beberapa faktor diantaranya tidak adanya buku cerita bergambar di sekolah, guru
malas memanfaatkan buku cerita bergambar dalam belajar mengajar, dan guru
hanya memanfaatkan buku tema saja. Sehingga banyak siswa yang belum
mengetahui tentang buku cerita bergambar.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemanfaatan buku cerita
bergambar dalam meningkatkan minat baca siswa kelas I SDN 2 Purwosari
Kendal? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui analisis pemanfaatan buku cerita bergambar dalam meningkatkan
minat baca siswa kelas I SDN 2 Purwosari Kendal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mendeskripsikan suatu fenomena
yang terdapat ketika penelitian berlangsung. Untuk judul penelitian ini adalah
Analisis Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Minat Baca
Siswa Kelas I SDN 2 Purwosari Kendal.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa pemanfaatan buku
cerita bergambar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai contoh ataupun
pengantar materi yang akan diberikan kepada siswa. Guru memanfaatkan buku
cerita bergambar yang ada di perpustakaan berguna untuk menambah semangat
belajar siswa, mengenalkan buku pada siswa, mengenalkan kosa kata baru, tidak
membuat siswa bosan, dan membiasakan siswa untuk membaca buku. Dengan
guru memanfaatkan buku cerita bergambar, siswa akan semangat dalam
mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Saran yang peneliti dapat sampaikan adalah diharapkan ketika guru
memanfaatkan buku cerita bergambar, alangkah baiknya mengganti judul buku
cerita bergambar yang lain. Tidak memanfaatkan buku cerita bergambar dengan
judul dan mengulang cerita yang sama. Hal itu dapat mengakibatkan siswa merasa
jenuh dan mudah bosan karena cerita tersebut diulang terus-menerus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:34
Last Modified: 24 Oct 2024 04:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item
View Item