PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN (BOLKER) TERHADAP HASIL BELAJAR KONIGTIF PADA PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS 5 SD SALAMAN MLOYO TAHUN AJARAN 2020/2021

Baskara, Luke Diptya (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN (BOLKER) TERHADAP HASIL BELAJAR KONIGTIF PADA PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS 5 SD SALAMAN MLOYO TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Luke Diptya Baskara, 14230123.pdf] Text
Luke Diptya Baskara, 14230123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Luke Diptya Baskara, “Pengaruh Media Pembelajaran (BOLKER)
Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran PENJAS Siswa Kelas 5 SD
Salaman Mloyo Tahun Ajaran 2020/2021, Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang 2021
Penelitian ini adalah penelitian kognitif, bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran Bolker terhadap hasil belajar kognitif pada
pembelajaran penjas siswa kelas 5 SD Salaman Mloyo tahun ajaran 2020/2021.
Selain untuk mengetahui minat siswa, penelitian ini juga akan menyajikan factor
apa saja yang mempengaruhi hasil belajar terhadap siswa kelas 5 SD Salaman
Mloyo
Metode Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan survei kuisioner
sebagai Teknik pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa
kelas V SD Salaman Mloyo Semarang tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa
28 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan Teknik sampling dengan jumlah totalsampel 28 siswa
SD Salaman Mloyo tahun ajaran 2020/2021. Data penelitian dianalisis dengan
validitas dan realibilitas. Hasil Penelitian ini mengindikasikan bahwa sebagian besar
nilai rerata variable hasil belajar kognitif termasuk dalam kategori sangat tinggi
yaknidengan nilai sebesar 4,09 (interval 4,00-5,00) dan validitas kuisioner dengan
program SPSS pertanyaan instrument penelitian yang digunakan adalah valid
Dari ketiga factor tersebut factor yang mempengaruhi pembelajaran
BOLKER terhadap siswa kelas 5 SD Salaman Mloyo sangat tinggi yaitu sebesar
4,09 dan isntrumen penelitiannya valid
Kata Kunci: Bolker, Pendidikan Jasman, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:30
Last Modified: 24 Oct 2024 04:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item
View Item