Yanuar, Taufik (2021) PROFIL TINGKATAN BERPIKIR GEOMETRI SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Taufik Yanuar.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan berpikir geometri siswa
berdasarkan teori Van Hiele yang ditinjau dari gerder. Jenis dari penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 56 siswa kelas VIII
selanjutnya dipilih 2 siswa yaitu laki-laki dan perempuan disetiap tingkatan 1,
tingkatan 2, dan tingkatan 3. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan Van
Hiele Geometry Test, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Keabsahan
data
menggunakan
triangulasi
teknik
yaitu
membandingkan hasil Van Hiele Geometry Test dengan hasil wawancara. Hasil
penelitian menenjukkan bahwa tingkatan geometri siswa secara keseluruhan yaitu
3,57% siswa berada di tingkatan 0, 53,57% siswa berada pada tingkatan 1, 37,5%
berada ditingkatan 2, dan 5,36% siswa berada ditingkatan 3. Jika dilihat pada
gender tingkatan 0 terdapat masing-masing 1 siswa laki-laki dan perempuan,
tingkatan 1 diisi oleh 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, tingkatan 2
terdapat 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, dan tingkatan 3 terdapat 1
siswa laki-laki dan 2 siswa siswa perempuan. Siswa perempuan lebih baik dari
pada siswa laki-laki dalam tingkatan geometri.
Kata Kunci : Tingkatan Berpikir, Teori Van Hiele, Gender
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 04:26 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 04:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6591 |