PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS III SD KANISIUS KUDUS

KRISTIANI, SYLVIA ERLITA (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS III SD KANISIUS KUDUS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SYLVIA ERLITA (16120016).pdf] Text
SYLVIA ERLITA (16120016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah ditemukan permasalahan
banyak siswa yang belum mampu menyimak dengan maksimal. Keterampilan
menyimak siswa masih rendah. Penyebab rendahnya kemampuan tersebut tidak
terlepas dari akibat penggunaan strategi dan media yang digunakan guru.
Sehingga peneliti ingin membuktikan media pembelajaran film animasi untuk
meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Fokus penelitian tersebut adalah
bagaimana pengaruh media pembelajaran film animasi pada pelajaran Bahasa
Indonesia terhadap kemampuan bercerita siswa kelas III SD Kanisius Kudus?.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran film
animasi pada pelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan bercerita siswa
kelas III SD Kanisius Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Metode penelitian kuantitatif. Teknik penentuan sampel dilakukan secara random,
pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat
kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan
(Sugiyono, 2009: 13). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media film
animasi terhadap aktivitas belajar siswa kelas III SD Kanisius Kudus. Hal tersebut
didasarkan pada hasil uji paired samples t-test diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu
19,03772>2,042 maka H_0 ditolak, Ha diterima dan hasil aktivitas belajar setelah
menggunakan media film animasi mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil uji
beda rata rata yaitu t_hitung>t_tabel yaitu 17,2504>2,000 dengan rata rata
aktivitas belajar sebelum tindakan 48,70 dan setelah tindakan 82,74.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Film Animasi, Kemampuan Bercerita,
Pengembangan Media.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:19
Last Modified: 24 Oct 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item
View Item