PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI CABAK 01 SEMESTER GENAP KECAMATAN TLOGOWUNGU

MARTHAWATI, SYAVIRA PURNAMA (2021) PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI CABAK 01 SEMESTER GENAP KECAMATAN TLOGOWUNGU. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SYAVIRA P.M.pdf] Text
SYAVIRA P.M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Syavira Purnama Marthawati. NPM 17120084. “Persepsi Guru dan Peserta
Didik terhadap Program Belajar dari Rumah pada masa Pandemi Covid-19 SD
Negeri Cabak 01 Semester Genap Kecamatan Tlogowungu”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang 2021. Pembimbing I Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing
II Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penulisan ini adalah karena adanya
pandemi covid-19 yang menyerang Indonesia dan berdampak pada sektor
pendidikan di Indonesia. Akibatnya semua jenjang pendidikan di Indonesia mulai
sekolah dasar hingga universitas pembelajaranya dilakukan dengan sistem program
BDR. Pelaksanaan program BDR masih memiliki kendala, tantangan dan dampak
tersendiri bagi guru dan peserta didik. Fokus penulisan dalam penulisan ini adalah
mendeskripsikan bagaimana persepsi dan dampak program BDR bagi guru dan
peserta didik SD Negeri Cabak 01. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan
persepsi guru dan peserta didik serta dampak program BDR bagi guru dan peserta
didik SD Negeri Cabak 01.
Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif supaya data yang
diperoleh dapat deskripsikan sesuai dengan tujuan penulisan. Penulis melakukan
penulisan pada tanggal 17,18, 19 Juni 2020 di SD Negeri Cabak 01. Subjek
penulisan ini adalah kepala sekolah, guru kelas I, II, III, IV, V, VI, dan peserta
didik kelas III dan V SD Negeri Cabak 01. Instrumen penulisan berupa wawancara,
kuisioner dan studi dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah dan
guru kelas sedangan kuisioner ditujukan kepada peserta didik kelas III dan V SD
Negeri Cabak 01.
Penulisan ini memperoleh hasil bahwa persepsi guru terhadap program
BDR yaitu kegiatan program BDR merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang
dilakukan secara online, tetapi dalam pelaksaanya masih memiliki kendala dan
hambatan. Guru belum menguasai teknologi sehingga pembelajaran terkesan
monoton. Sarana dan prasarana yang kurang mendukung untuk keberlangsungan
pembelajaran online sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan lancar.
Keterlibatan orangtua dalam tugas anaknya, sehingga siswa tidak paham betul
dengan materi yang berikan. Persepsi peserta didik terhadap program BDR yaitu
program BDR merupakan kegiatan belajar yang dilaksanakan dengan tidak tatap
muka, selain itu program BDR tidak memberikan ruang bagi guru dan peserta didik
untuk bisa berdikusi dan bertanya jawab secara langsung sehingga pembelajaran
terasa membosankan dan tidak bermakna bagi peserta didik. Dampak yang
dirasakan bagi guru dan peserta didik akibat program BDR yaitu guru tidak dapat
mengajar secara langsung sehingga guru tidak dapat mengajar dan memberikan
materi dengan leluasa kepada peserta didik, akibatnya tujuan pembelajaran tidak
tersampaikan dengan maksimal. Peserta didik merasa bosan dan jenuh karena
pembelajaran online yang dilakukan oleh guru hanya memberikan materi dan tugas
tanpa ada diskusi tanya tanya jawab kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:08
Last Modified: 24 Oct 2024 04:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6581

Actions (login required)

View Item
View Item