Angelina, Syahda Litahna’a (2021) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN, DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN SISWA KELAS XI SMK AL-IKHLAS LOSARI BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Syahda Litahna.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di sekolah yang
menyatakan bahwa prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola
Kepegawaian Siswa Kelas XI OTKP belum optimal yang dipengaruhi oleh
motivasi belajar siswa masih kurang baik, serta disiplin belajar yang masih rendah
dan yang terkahir adalah lingkungan belajar siswa yang masih kurang mendukun.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Menguji pengaruh motivasi siswa terhadap
prestasi belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Siswa
Kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari, 2) Menguji pengaruh Disiplin siswa terhadap
prestasi belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Siswa
Kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari, 3) Menguji pengaruh lingkungan belajar siswa
terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Siswa Kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari, 4) Menguji pengaruh motivasi, disiplin
dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Otomatisasi
Tata Kelola Kepegawaian Siswa Kelas XI SMK Al-Ikhlas Losari.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability
Sampilng yaitu Sampling jenuh. Metode pengumpulan data yaitu observasi,
dokumentasi, dan angket. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier
berganda dengan menyebar angket (kuesioner) sebanyak 73 siswa kelas XI
melalui google form. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) H01 ditolak dan
Ha1 diterima artinya ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian siswa kelas XI
di SMK Al-Ikhlas Losari, 2) H02 ditolak dan Ha2 diterima artinya ada pengaruh
yang signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran
otomatisasi tata kelola kepegawaian siswa kelas XI di SMK Al-Ikhlas Losari, 3)
H03 ditolak dan Ha3 diterima artinya ada pengaruh yang signifikan lingkungan
belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola
kepegawaian siswa kelas XI di SMK Al-Ikhlas Losari, 4) H04 ditolak dan Ha4
diterima artinya ada pengaruh motivasi, disiplin dan lingkungan secara bersama-
sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran otomatisasi
tata kelola kepegawaian siswa kelas XI di SMK Al-Ikhlas Losari.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada motivasi, disiplin dan lingkungan
belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola
kepegawaian siswa kelas XI di SMK Al-Ikhlas Losari Brebes sebesar 65,5%,
terhadap prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi tata kelola kepegawaian,
sedangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak
diteliti. Saran penelitian ini adalah peserta didik sebaiknya dapat mengontrol
waktu dalam belajar pada saat di sekolah maupun di rumah.
Kata Kunci: Motivasi, Disiplin, Lingkungan belajar dan Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6572 |