ANALISIS KEBUTUHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PASEH

ANGGRAENI, LISTYA (2021) ANALISIS KEBUTUHAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PASEH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LISTYA ANGGRAENI.pdf] Text
LISTYA ANGGRAENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

LISTYA ANGGRAENI,NPM 16120394. “Analisis Kebutuhan Siswa Dalam
Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 2 Paseh”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalahdilaksanakannya
pembelajaran daring akibat adanya pandemi Covid-19. Dalam pembelajaran
daring muncul berbagai kebutuhan yang berbeda dibandingkan pembelajaran
luring, yang mana akan berpengaruh terhadap kelancaran pembelajaran tersebut.
Maka dari itu peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian tentang kebutuhan
siswa dalam pembelajaran daring di SD Negeri 2 Paseh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kebutuhan siswa
dalam pembelajaran daring di Sekolah Dasar Negeri 2 Paseh. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam pembelajaran daring di
Sekolah Dasar Negeri 2 Paseh.
Jenis
penelitian
ini
adalah
penelitian
kualitatif
yang
bersifat
deskriptif.Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif berupa
anggapan dan fakta melalui hasil wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang dilakukan dengan cara pendeskripsian ditemukan bahwa siswa
memiliki kebutuhan fisiologis dan kebutuhan belajar dalam pembelajaran daring.
Kebutuhan fisiolgis dikelompokkan menjadi tiga aspek yaitu kebutuhan sandang,
kebutuhan pangan, dan kebutuhan papan. Pada kebutuhan belajar dikelompokkan
menjadi empat aspek yaitu kebutuhanyang berkaitan dengan pembelajaran,
kebutuhan yang berkaitan dengan tugas pekerjaan, kebutuhan yang berkaitan
dengan pelayanan jasa, kebutuhan mengenaipersamaan akses pendidikan yang
bermutu.Pemenuhan pada kebutuhan-kebutuhan tersebut sudah cukup baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
alternatif pembelajaran yang lain. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif
dan interaktif sangat dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran supaya siswa
dapat menerima dan memahami materi dengan mudah. Guru, sekolah dan orang
tua/ wali sebaiknya memberikan pelayanan penuh terhadap siswa supaya
kebutuhan-kebutuhan siswa dapat terpenuhi dan siswa mampu mengikuti
pembelajaran daring dengan baik.
Kata Kunci : Kebutuhan Siswa, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:55
Last Modified: 24 Oct 2024 03:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item
View Item