ENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA LOOSE PART untuk MENINGKATKAN SCIENCE INQUIRY dan KREATIVITAS ANAK USIA DINI

MUFLIHAH, SITI (2023) ENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA LOOSE PART untuk MENINGKATKAN SCIENCE INQUIRY dan KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI MUFLIHAH 20560047.pdf] Text
SITI MUFLIHAH 20560047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siti Muflihah, 2023. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Berbasis Media Loose parts untuk Meningkatkan Science Inquiry dan
Kreativitas Anak Usia Dini “Tesis.
Pembimbing : (1) Dr. Fenny Roshayanti,MPd;
(2) Dr.Agus Sutono, M.Phil
Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan
perangkat pembelajaran berbasis loose part yang dapat digunakan sebagai
rujukan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan science inquiry dan
kreativitas anak usia dini . Subjek penelitian ini adalah peserta didik KB
Mumpuni Pangenjurutengah Purworejo.Jenis penelitian ini adalah Research
and Development menggunakan model Borg and Gorl yang terdiri dari 10
langkah yaitu Pendahuluan, Perancangan,Pengembangan Produk awal,uji
coba awal,Revisi, uji coba utama, Revisi Produk, uji coba
Operasional,Revisi akhir, serta Diseminasi dan distribusi.berdasarkan
langkah umum tersebut di sederhanakan menjadi tiga Langkah yang terdiri
atas pendahuluan, pengembangan dan pengujian. Data validasi
dikumpulkan untuk mengetahui validitas produk perangkat pembelajaran
meliputi data angket ahli isi/materi. Data keefektifan dikumpulkan untuk
mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran. Tekhnik analisis data yang
digunakan terdiri atas dua tekhnik, tekhnik pertama kuantitatif berupa
hasil presentase validasi perangkat pembelajaran dan tekhnik kedua adalah
kualitatif yang berasal dari komentar dan saran validator. Hasil reviu
validitas produk pengembangan dari validasi ahli sebagai berikut :
Untuk RPP dari segi kelengkapan memperoleh hasil 94 % dan dari segi
konten dan Bahasa memperoleh hasil 100 % .Hasil Reviu ahli tersebut
menunjukan produk perangkat pembelajaran memperoleh kriteria sangat
valid .Berdasarkan hasil uji validitas dan uji keefektifan dapat disimpulkan
bahwa perangkat pembelajaraan berbasis Media Loose parts berpotensi
meningkatkan Science inquiry dan kreativitas anak usia dini.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran,Media Loose part,Science inquiry dan
Kreativitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:44
Last Modified: 09 Jan 2024 06:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item