Ilham, Swasana Bahgya Nur (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PART PRACTICE DAN WHOLE PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR LAY-UP BOLA BASKET DI MTS MUHAMMADIYAH SARWODADI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Swasana Bahgya Nur Ilham.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Swasana Bahgya Nur Ilham. “pengaruh pembelajaran part practice dan whole
practice terhadap hasil belajar lay up bola basket di MTS Muhammadiyah
Sarwodadi”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil nilai KKM pada permainan teknik
dasar lay up bola basket IX MTS Muhammadiyah Sarwodadi menunjukan masih
ada peserta didik yang belum tuntas KKM. Tujuan penelitian ini untuk untuk
mengetahui seberapa besar keberhasilan model mengetahui pengaruh metode
pembelajaran part practice dan whole practice terhadap hasil belajar bola basket
di MTS Muhammadiyah Sarwodadi.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk
quasi experimen design dan menggunakan desain two group pretest-posttest,
populasi dan sampel kelas XI di MTS Muhammadiyah Sarwodadi yang terdiri 3
kelas dengan jumlah 91 anak dengan menggunakan teknik total sampling.
Hasil dari penelitian in menunjukkan bahwa metode pembelajaran part practice
dan whole practice berpengaruh positif terhadap hasil belajar lay-up bola basket
pada siswa kelas IX MTS Muhammadiyah Sarwodadi. Hal tersebut dibuktikan
dari adanya perbedaan hasil belajar pada kedua kelas. Dimana rata-rata hasil
belajar pada kelas IX B dengan metode pembelajaran part practice adalah pretest
58,93 dan posttest 82,20 meningkat 39,48% dan hasil belajar pada posttest kelas
IX C dengan metode pembelajaran whole practice adalah pretest 55,20 dan
posttest 76,40 meningkat 38,40%.
Simpulan dari peneleitian ini bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode
pembelajaran part practice terhadap hasil belajar lay-up bola basket siswa kelas
IXB. Terdapat pengaruh dari penerapan metode pembelajaran whole practice
terhadap hasil belajar lay-up bola basket siswa kelas IX C sebesar. Menunjukan
bahwa metode pembelajaran part practice lebih efektif mempengaruhi hasil
belajar lay-up bola basket siswa kelas IX MTS Muhammadiyah Sarwodadi. Saran,
harapannya guru PJOK dapat menerapkan metode part practice di sekolah agar
dapat meningkatkan hasil belajar lay up bola basket siswa menjadi lebih baik
Kata kunci : Hasil Belajar, Part Practice dan Whole Prsctice, Lay-Up, Bola
Basket.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:51 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6565 |