PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA

Maisaroh, Siti (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM ORGANISASI SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI MAISAROH 21510132 .pdf] Text
SITI MAISAROH 21510132 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Maisaroh, Siti. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik, Iklim Organisasi Sekolah Dan
Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan
Banjarejo Kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing I: Dr. Endang Wuryandini, M.Pd.
dan Pembimbing II: Dr. Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya profesionalisme guru sekolah
dasar di Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora. Faktor yang memengaruhi
rendahnya profesionalisme guru adalah supervisi akademik, iklim organisasi
sekolah dan motivasi kerja.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahaui pengaruh supervisi akademik,
iklim organisasi sekolah, dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru sekolah
dasar di Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah
sampel penelitian adalah 172 guru. Uji prasyarat analisis penelitian ini meliputi uji
normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis
menggunakan uji korelasi, uji Anova, uji Summary, dan uji koefisien regresi.
Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap
profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y =
37,526 + 0,609X 1 , kekuatan korelasi sebesar 0,630 dan pengaruh sebesar 39,6%;
(2) terdapat pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap profesionalisme guru yang
dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y = 24,165 + 0,823X 2 , kekuatan
korelasi sebesar 0,632 dan pengaruh sebesar 39,9%; (3) terdapat pengaruh motivasi
kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi
sederhana Y = 18,226 + 0,933X 2 , kekuatan korelasi sebesar 0,834 dan pengaruh
sebesar 69,5%; dan (4) terdapat pengaruh supervisi akademik, iklim organisasi
sekolah, dan motivasi kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan dengan
persamaan regresi ganda Y = 9,903 + 0,022X 1 + 0,181X 2 + 0,812X 3 , kekuatan
korelasi sebesar 0,841 dan pengaruh sebesar 70,2%.
Saran pada penelitian ini adalah Kepala sekolah membuat kegiatan in house
training selama satu semester 3 kali, untuk meningkatkan kepribadian dan
keprofesionalan guru. Guru mengikuti kegiatan KKG satu bulan sekali, mengikuti
kegiatan pendidikan dan pelatihan sebagai contoh pelaksanaan Bimtek dan Diklat
di dinas terkait, mengikuti kegiatan seminar, meningkatkan kualifikasi akademik
dengan melanjutkan studi ke jenjang S2
Kata kunci : profesionalisme guru, supervisi akademik, iklim organisasi sekolah,
motivasi kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:42
Last Modified: 09 Jan 2024 06:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item
View Item