SUTRIYATININGSIH, - (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BILANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK ANAK PAUD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUTRIYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Teknologi dimanfaatkan manusia dalam berbagai bidang untuk membantu menyelesaikan kegiatan
yang dulunya dikerjakan secara manual. Dengan memanfaatkan teknologi, aktivitas tersebut dapat
diselesaikan dengan mudah dan cepat. Teknologi yang saat ini berkembang adalah Augmented Reality
(AR) karena tampilan visual yang menarik sehingga dapat menampilkan objek 3 dimensi beserta
animasinya dan terlihat seperti ada pada dunia nyata. Oleh karena itu AR dapat digunakan untuk
pengenalan bilangan. Yang dulu masih menggunakan buku, video , dan internet. Maka Penelitian ini
dibangun untuk mengahasilkan media pembelajaran pengenalan bilangan berbasis Augmented Reality
(AR) dan menggunakan Vuforia SKD. Marker terdapat kartu untuk menampilkan visualisasi objek 3D.
teknologi augmented reality ini digunakan untuk anak usia dini usia 4-6 tahun agar dapat menambah
visualisasi dan belajar lebih menyenangkan. hal ini juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan media
yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu : analisis
(analysis), desain produk (design), pengembangan produk (development), uji coba produk
(implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi ahli
dengan dilihat dari persentase oleh ahli media sebesar 92% dan ahli materi sebesar 82,4% sehingga
dapat disimpulkan aplikasi augmented reality sangat valid. Hasil angket respon siswa sebesar 84% yang
artinya sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan bilangan
berbasis augmented reality praktis digunakan. Berdasarkan pengambilan keputusan melalui nilai
signifikan ternyata thitung > ttabel yaitu 2,98805 > 2,02439 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 89,00
lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 80,5 sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan
pengenalan bilangan berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran matematika di PAUD efektif
digunakan untuk meningkatkan hasil belajar para siswa.
Kata Kunci: media pembelajaran; PAUD; augmented reality.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6559 |