ANALISIS LITERASI KUANTITATIF SISWA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI

Budi, Lina Fathin Nurhanifah (2021) ANALISIS LITERASI KUANTITATIF SISWA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Lina Fathin Nurhanifah Budi.pdf] Text
Lina Fathin Nurhanifah Budi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi kuantitatif siswa
pada materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX C SMPN 14
Semarang yang masing-masing memiliki metakognisi tinggi, sedang, dan rendah.
Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner Metacognitive Awareness
Inventory (MAI) terjemahan Bahasa Indonesia, tes literasi kuantitatif, dan
wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dengan
cara mengumpulkan data pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan
3 siswa memiliki kesamaan pada indikator interpretasi, representasi dan
komunikasi,
yaitu
menjelaskan
informasi
dengan
mengulangi/meniru,
menggunakan ekspresi matematis, dan mengkomunikasikan seluruh ide dan
proses yang dipakai. Sedangkan pada indikator kalkulasi, asumsi, dan
analisis/aplikasi siswa memiliki kemampuan yang beragam.
Kata Kunci: Literasi Kuantitatif, Metakognisi, Peluang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:40
Last Modified: 24 Oct 2024 03:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item
View Item