Budi, Lina Fathin Nurhanifah (2021) ANALISIS LITERASI KUANTITATIF SISWA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Lina Fathin Nurhanifah Budi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi kuantitatif siswa
pada materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX C SMPN 14
Semarang yang masing-masing memiliki metakognisi tinggi, sedang, dan rendah.
Pengumpulan data penelitian menggunakan kuisioner Metacognitive Awareness
Inventory (MAI) terjemahan Bahasa Indonesia, tes literasi kuantitatif, dan
wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dengan
cara mengumpulkan data pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan
3 siswa memiliki kesamaan pada indikator interpretasi, representasi dan
komunikasi,
yaitu
menjelaskan
informasi
dengan
mengulangi/meniru,
menggunakan ekspresi matematis, dan mengkomunikasikan seluruh ide dan
proses yang dipakai. Sedangkan pada indikator kalkulasi, asumsi, dan
analisis/aplikasi siswa memiliki kemampuan yang beragam.
Kata Kunci: Literasi Kuantitatif, Metakognisi, Peluang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:40 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6551 |