SUSANTO, LILIK (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LILIK SUSANTO 13310265.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika
yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan
pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep
dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam
pemecahan masalah (Depdiknas, 2003: 2).Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan sosal
Persamaan linier dua variabel.. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan subyek enam siswa diantaranya dua berkemampuan tinggi, dua berkemampuan
sedang, dan dua berkemampuan rendah. Pengambilan subyek dilandasi dengan pretest,
hasil pertimbangan, dan saran dari pendidik. Pengambilan data dilakukan dengan
wawancara yang disertai dengan soal tes yang mempunyai tingk at kesulitan rendah
sampai tingkat kesulitan tinggiBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
subyek berkemampuan tinggi,sedang, dan rendah mencapai level evaluasi (Evaluation)
dengan pemahaman konsep yang berbeda - beda, Manfaat dalam penelitian ini adalah
mengukur pemahaman konsep siswa tentang segitiga dan menjadi media evaluasi untuk
pendidik dapat mengetahui karakter siswa serta bahan evaluasi pendidik dalam
menanamkan konsep pada siswa
Kata Kunci: Pemahaman Konsep; Taksonomi Bloom; Sistem Persamaan Linier Dua
Variabel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6548 |