NALISIS PENERAPAN NILAI KARAKTER DALAM BUKU SISWA KELAS IV TEMA TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 2 KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU

FATCHURRAHMAN, LILIK (2021) NALISIS PENERAPAN NILAI KARAKTER DALAM BUKU SISWA KELAS IV TEMA TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 2 KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LILIK FATCHURRAHMAN.pdf] Text
LILIK FATCHURRAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lilik fatchurrahman, NPM 15120108 “Analisis Penerapan Nilai Karakter
Dalam Buku Siswa Kelas IV Tema Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan
Daerah Tempat tinggalku” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar.Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing
I Ibnu Fatkhu Royana, M,Pd dan dosen pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M,Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak globalisasi yang memebawa
masyarakat ini melupakan pendidikan karakter. Hal ini di buktikan dengan
banyaknya kasus kriminal, asusila dan kekeraan yang dilakukan dalam dunia
pendidikan, maka dari itu dibutuhkan pendidikan yang lebih mengutamakan nilai-
nilai karakter untuk membangun kepribadian bangsa menjadi lebih baik
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai karakter yang
terkandung di dalam buku siswa kelas IV tema tempat tinggalku subtema 2
keunikan daerah tempat tinggalku. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan
penerapan dan menganalisis nilai karakter yang muncul di buku siswa kelas IV
tema tempat tinggalku.
Metode penelitian ini adalah kualikatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah buku siswa kelas IV tema tempat tinggalku.Metode pengumpulan data
penggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi.Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif.Data analisis deskriptif adalah dengan menguraikan
sekaligus menganalisis data penelitian berupa nilai karkter dan menyimpulkan
hasil analisis yang didasarkan pada analisis secara keseluruhan.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dalam teks bacaan buku siswa
kelas IV tema tempat tinggalku subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku,
setelah di deskripsikan ditemukan 18 nilai karakter yang dapat di tanamkan pada
peserta didik dalam setiap pembelajaranya. 18 nilai karakter tersebut adalah (1)
Religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7)
Mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta
tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat komunikatif, (14) cinta damai,
(15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan, (17) peduli social, (18) tanggung
jawab.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dan orang tua
selalu mendampingi siswa untuk menggunakan buku tersebut dalam proses
pembelajaran sehingga dapat menemukan dan mencontohkan nilai-nilai karakter
yang tersirat dalam buku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:34
Last Modified: 24 Oct 2024 03:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item
View Item