PUTRI, LIDYA KARULINA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA TEKS NONFIKSI TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LIDYA KARULINA PUTRI.17120139.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
LIDYA KARULINA PUTRI. NPM 17120139. “Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan Pada Teks Nonfiksi Tema 7
Subtema 2 Kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2021. Dosen Pembimbing I Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd, Dosen
Pembimbing II Mudzanatun, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak siswa kelas IV
SDN Gayamsari 01 Semarang yang masih rendah dalam memecahkan masalah
pada teks nonfiksi, khususnya pada materi pecahan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah
matematika materi pecahan pada teks nonfiksi tema 7 subtema 2 kelas IV SDN
Gayamsari 01 Semarang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan
pemecahan masalah matematika materi pecahan pada teks nonfiksi tema 7
subtema 2 kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi
penelitian di SDN Gayamsari 01 Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian
ini melalui wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan pada teks nonfiksi
siswa kelas IV SDN Gayamsari 01 Semarang sudah terlaksana dengan baik
dengan kategori tinggi terdapat 6 siswa atau 19,4%, pada kategori sedang terdapat
8 siswa atau 25,8% persen, pada kategori rendah terdapat 7 siswa atau 22,6% dan
pada kategori sangat rendah terdapat 10 siswa atau sebesar 32,2%. Melalui empat
aspek kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan perolehan rata-
rata aspek memahami masalah 41,7% dengan kategori sedang, pada aspek
menyusun rencana penyelesaian 1,1% dengan kategori sangat rendah, pada aspek
melaksanakan rencana penyelesaian 69,4% dengan kategori tinggi dan pada aspek
memeriksa kembali atau menyimpulkan jawaban yang diperoleh 45,4 dengan
kategori sedang.
Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah guru hendaknya
mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan
memberikan latihan soal pemecahan masalah kepada siswa yang berkaitan pada
kehidupan sehari-hari untuk melatih kemampuan pemecahan masalah menjadi
lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:31 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6541 |