KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS IV DI SDN PESAREN 02

Wibowo, Sigit (2023) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS IV DI SDN PESAREN 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Sigit Wibowo 20560083.pdf] Text
Sigit Wibowo 20560083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wibowo, Sigit. 2023. “Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematic Education
Berbantuan Geogebra terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep pada Materi
Bangun Ruang Siswa Kelas IV di SDN Pesaren 02. (1) Dr. Bagus Ardi Saputro,
M.Pd; (2) Prof. Dr. Achmad Buchori, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan realistic
mathematic eduation berbantuan geogebra terhadap aktivitas siswa dan pemahan
konsep. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi experiment research)
dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Diponegoro. Sampel yang digunakan untuk
kelas eksperimen adalah SDN Pesaren 02, kelas kontrol SDN Pesaren 01, dan
kelas uji coba soal adalah SDN Sawahojo 02. Data diperoleh melalui instrumen
tes dan hasil observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1)
pendekatan realistic mathematic education berbantuan geogebra efektif terhadap
aktivitas siswa kelas IV SDN Pesaren 02. Hal ini terlihat pada nilai signifikansi
pada uji-t adalah 0,000<0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil
observasi aktivitas siswa antar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar
menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen 85. Rata-rata hasil observasi
sebelum treatmen pada kelas eksperimen 65 sedangkan rata-rata hasil observasi
saat treatmen mencapai 85 dengan rata-rata peningkatan hasil belajar (n-gain)
sebesar 0,566 dengan kriteria sedang. (2) Pendekatan realistic mathematic
education berbantuan geogebra efektif terhadap pemahaman konsep pada materi
bangun ruang siswa kelas IV SDN Pesaren 02. Hal ini terlihat pada nilai
signifikansi pada uji-t adalah 0,000<0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan
hasil belajar aspek kemampuan konsep matematika antar kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil belajar menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen 85
dengan KKM yang ditentukan yaitu 70 sedangkan ketuntasan klasikal lebih dari
75% yaitu sebesar 85%. Rata-rata pretest pada kelas eksperimen 65 sedangkan
rata-rata hasil posttest mencapai 85 dengan rata-rata peningkatan hasil belajar (n-
gain) sebesar 0,566 dengan kriteria sedang.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Aktivitas Siswa,
Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:39
Last Modified: 09 Jan 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item
View Item