PEMBELAJARAN SBdP KELAS IV SD NEGERI 02 JATIREJO PADA POLA PEMBELAJARAN DARING

FALAHIYAH, LESSY RIZKIANI (2021) PEMBELAJARAN SBdP KELAS IV SD NEGERI 02 JATIREJO PADA POLA PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LESSY RIZKIANI F.pdf] Text
LESSY RIZKIANI F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

LESSY RIZKIANI FALAHIYAH.NPM 17120243 ”Pembelajaran SBdP Kelas
IV SD Negeri 02 Jatirejo Pada Pola Pembelajaran Daring”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas PGRI
Semarang 2021. Dosen pembimbing I Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd dan Dosen
pembimbing II Qoriati Mushafanah,S.Pd., M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah dari adanya pandemi Covid-19
yang terjadi di Indonesia yang menyebabkan segala bentuk sistem pembelajaran
berubah. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring/online, sehingga
mengharuskan proses pembelajaran yang tadinya dilakukan secara tatap muka kini
diganti menjadi pembelajaran jarak jauh/online dengan menggunakan platform
digital.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis pembelajaran SBdP kelas
IV SD Negeri 02 Jatirejo pada pola pembelajaran daring, 2) mengidentifikasi
kekurangan dan kelebihan pembelajaran SBdP kelas IV SD Negeri 02 Jatirejo
pada pola pembelajaran daring.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara kepada kepala sekolah,
wawancara kepada guru kelas IV, angket kepada siswa kelas IV dan angket
kepada orang tua siswa kelas IV, serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peksanaan proses
pembelajaran SBdP yang dilakukan secara daring/online berjalan dengan baik dan
lancar. Proses pembelajaran SBdP dilakukan melalui platform digital berupa
WhatsApp dan Youtube. Walaupun proses pembelajaran berjalan dengan baik dan
lancar, namun ada kendala yang dihadapi siswa dan guru saat proses pembelajaran
yaitu seperti ketersediaan kuota dan sinyal yang kurang stabil. Kelebihan dari
proses pembelajaran yang dilakukan secara daring yaitu siswa memiliki lebih
banyak waktu untuk mempelajari materi dan juga mengerjakan tugas yang
diberikan. Sumber belajar siswa tidak hanya materi yang diberikan guru, tetapi
dapat mencari sumber lain atau bahkan dapat belajar dari lingkungan sekitar.
Sedangkan kekurangan dari proses pembelajaran yang dilakukan secara daring
yaitu ketersediaan kuota dan sinyal yang tidak stabil.
Saran dalam penelitian ini adalah agar kedepannya proses pembelajaran
dapat dipersiapkan dengan lebih matang lagi sehingga proses pembelajaran dapat
berjalan dengan baik dan berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:24
Last Modified: 24 Oct 2024 03:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item
View Item