MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BINA INSANI KOTA SEMARANG

Cayantoro, Sigit (2023) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BINA INSANI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Sigit Cayantoro  22516003.pdf] Text
Sigit Cayantoro 22516003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sigit Cayantoro. NPM. 22516003. Manajemen Kepala Sekolah dalam
Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insani
ix
Kota Semarang. Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2023. Pembimbing 1 Dr. Ngurah Ayu Nyoman M, M.Pd. Pembimbing
2 Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd.
Kepala sekolah memiliki peran penting dalam pelaksanaan Profil Pelajar
Pancasila. Peran penting tersebut salah satunya dalam manajemen pengelolaan
program mulai dari perencanaan sampai pengawasan. Hal ini dikarenakan
keberhasilan program tidak akan berjalan tanpa adanya manajemen yang baik.
Oleh sebab itu kepala sekolah ikut andil memberikan kontribusinya dalam
pelaksanaan manajemen Profil Pelajar Pancasila.
Rumusan masalah ini adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen
kepala sekolah dalam implementasi profil pelajar pancasila, 2) Bagaimana
pengorganisasian manajemen kepala sekolah dalam implementasi profil pelajar
pancasila, 3) Bagaimana pelaksanaan manajemen kepala sekolah dalam
implementasi profil pelajar pancasila. 4) Bagaimana pengendalian/pengawasan
manajemen kepala sekolah dalam implementasi profil pelajar pancasila di SD IT
Bina Insani Kota Semarang.
Hasil penelitian 1) Perencanaan kepala sekolah dalam implementasi profil
pelajar Pancasila di SD IT Bina Insani Kota Semarang diantaranya adalah 1)
Menyusun Visi, Misi Sekolah dan Tujuan Sekolah; 2) Menyusun RKJM, RKT,
RKAS sesuai dengan kebutuhan sekolah; 3) Merancang dimensi, tema, dan alokasi
waktu projek penguatan profil pelajar pancasila; 4) Membuat modul kegiatan
prioritas project. 2) Pengorganisasian kepala sekolah dalam implementasi profil
pelajar Pancasila di SD IT Bina Insani Kota Semarang adalah 1) Pembentukan
kepengurusan, 2) Pembagian tugas kerja masing masing sesuai potensi, 3) Standar
SOP Pelaksanaan tugas (job description) 4) Koordinasi dan Komunikasi semua
bidang. 3) Pelaksanaan kepala sekolah dalam implementasi Profil Pelajar
Pancasila di SD IT Bina Insani Kota Semarang diantaranya adalah
menginstruksikan kepada semua guru untuk 1) melaksanakan pembelajaran kelas
berdasarkan tema dan projek; 2) melaksanakan projek penguatan profil pelajar
pancasila dimensi mandiri pada skala prioritas; 3) melaksanakan projek penguatan
profil pelajar pancasila dimensi Gotong Royong pada skala prioritas; 4)
melaksanakanan model pembelajaran dengan prinsip 4C yaitu berpikir kritis,
komunikasi, kolaborasi dan kreativitas 4) Pengawasan kepala sekolah dalam
implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD IT Bina Insani Kota Semarang
diantaranya meliputi pengawasan internal dilakukan kepala sekolah dan pengawas,
kemudian pengawasan eksternal dilakukan komite sekolah, dilihat dari teknis
pengawasan dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pengawasan langsung yang
bersifat teknis dan pengawasan tidak langsung dalam bentuk laporan.
Kata Kunci : Manajemen Kepala Sekolah, Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:37
Last Modified: 09 Jan 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item
View Item