ANALISIS KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS BALOK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP

Setiyowati, Sulis i (2021) ANALISIS KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS BALOK DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Sulis Setiyowati.pdf] Text
Sulis Setiyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui profil kreativitas peserta didik
dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi kubus balok ditinjau dari
pemahaman konsep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri
dari 28 siswa kelas IX selanjutnya dipilih dengan menggunakan purpose sampling
terpilih 2 siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi, 2 siswa dengan
kemampuan pemahaman konsep sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan
pemahaman konsep rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan
yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini sebagai berikut: (1) siswa dengan kemampuan pemahaman konsep
tinggi pada indikator berpikir lancar (fluency) siswa lancar dalam menyelesaikan
masalah, indikator berpikir luwes (flexibility) siswa belum mampu menemukan
cara
yang
berbeda,
indikator
berpikir
orisinalitas
(orisinality)
siswa
menyelesaikan dengan cara biasa belum menggunakan cara baru, dan indikator
terperinci (elaboration) siswa mampu menemukan dua susunan tetapi masih
belum tepat. (2) siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang pada
indikator berpikir lancar (fluency) siswa lancar dalam menyelesaikan masalah,
indikator berpikir luwes (flexibility) siswa belum mampu menemukan cara yang
berbeda, indikator berpikir orisinalitas (orisinality) siswa menyelesaikan dengan
cara biasa belum menggunakan cara baru, indikator terperinci (elaboration) siswa
mampu menemukan satu susunan tetapi masih belum tepat. (3) siswa dengan
kemampuan pemahaman konsep rendah pada indikator berpikir lancar (fluency)
siswa lancar dalam menyelesaikan masalah, indikator berpikir luwes (flexibility)
siswa belum mampu menemukan cara yang berbeda, indikator berpikir orisinalitas
(orisinality) siswa menyelesaikan dengan cara biasa dan belum tepat, dan
indikator terperinci (elaboration) siswa hanya membuat kotak dan masih belum
tepat. (4) faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas peserta didik dalam
menyelesaikan masalah matematika pada materi kubus balok, yaitu faktor yang
mendukung (lingkungan) dan menghambat (siswa itu sendiri).
Kata Kunci : Kreativitas, Menyelesaikan Masalah Matematika, Kubus Balok,
dan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:19
Last Modified: 24 Oct 2024 03:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6525

Actions (login required)

View Item
View Item