NINGRUM, LARAS WIDIA (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SD NEGERI TONDOKERTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LARAS WIDIA NINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
LARAS WIDIA NINGRUM. NPM 17120154 . “Implementasi Model
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid- 19 di Kelas IV SDN
Tondokerto Tahun Ajaran 2020/ 2021”. Skripsi.Program Studi Pedidi-
kan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen pembimbing I Moh Aniq Khairul Basyar
S.Pd.,M.Hum. Dosen Pembimbing II Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn.,
M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dengan
adanya pandemi Covid- 19 di Indonesia Pada awal tahun 2020. Mem-
buat dampak yang sangat signifikan khususnya di bidang pendidikan.
Dengan adanya hal itu Menteri Pendidkan dan Kebudayaan (Mendik-
bud) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang
Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19. pemerintah
menganjurkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara dar-
ing(online) dirumah masing- masing.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Implemen-
tasi Model pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19 di kelas
IV SDN Tondokerto Tahun Ajaran 2020/2021? Tujuan yang hendak di
capai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana imple-
mentasikan model pembelajaran daring, untuk mengetahui implemen-
tasi pembelajaran daring, serta faktor pendukung dalam pembelajaran
daring pada masa pandemi Covid- 19 di kelasIV SDN TONDOKRTO
Tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis
deskriptif. Subjek penelitian adalah Guru dan Peserta didik kelas IV
SDN Tondokerto. Pengumpulan data tentang Implementasi Model
pembelajaran daring dengan wawancara yang melibatkan guru dan pe-
serta didik , serta studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran di SDN
Tondokerto dilakukan dengan daring, dirumah masing- masing. Dalam
implementasi pembelajaran daring di kelas IV SDN Tondokerto sudah
memanfaatkan berbagai aplikasi diantaranya whatsapp, google foam,
zoom meeting, youtube. Untuk evaluasi yang diberikan guru kepada
peserta didik melalui kertas ulangan dan google form. Kekurangan da-
lam pembelajaran daring yaitu meteri tidak bisa tersampaikan secara
keseluruhan, kemudia ada beberapa peserta didik yang kuota intern-
ernya belum terpenuhi, dan masih banyak peserta didik yang tidak
memiliki gawai sendiri, pembelajaran daring juga memiliki kelebihan
diantaranya fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, Da-
lam pembelajaran daring tentu miliki faktor pendukung antara lain,
gadget, jaringan internet, serta peran orang tua dan lingkungan peserta
didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6521 |