KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018

HIDAYATI, SETIA (2021) KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LAPORAN SKRIPSI SETIA HIDAYATI New.pdf] Text
LAPORAN SKRIPSI SETIA HIDAYATI New.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setia Hidayati . Keefektifan Metode Role Playing Division Pembelajaran
Menulis Teks Negosiasi pada Peserta Didik Kelas X SMK N 11 Semarang Tahun
Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Siswanto PHM, M.Pd., dan
Pembimbing II Dr. Ika Septiana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan , Metode Role Playing, dan Teks Negosiasi.
Penelitian ini dilatar belakangi pesrta didik kurang tertarik dalam menulis
teks negosiasi sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang baru. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode role playing dalam
pembelajaran menulis teks negosi asi pada pesrta didik kelas X SMK N 11
Semarang tahun ajaran 2017/2018.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode role playing
diberikan kelas eksprimen dan kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks
negosiasi pada peserta didik kelas X SMK N 11 Semarang tahun ajaran
2017/2018.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi
penlitian seluruh siswa kelas X SMK N 11 Semarang,sedangkan sampelnya
adalah kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen kelas X MM 4(multimedia)
sebagai kelas kontol X MM 2 yang ditentukan scara acak bersasarkan kelas atau
kelompok yang sudah ada di sekolah. Data populasi sampel yang diperoleh di uji
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan non tes terdiri atas angket dan observasi.
Tahap analisis terakhir adalah uji hipotesis yang dibuktikan dengan uji t .
Uji hipotesis untuk membuktikan hipotesis yang diajukan diawal dalam
menjawab rumusan masalah. Tahap akhir pada perhitungan uji homogenitas
kelas kontol dengan rata-rata 56,12 dan kelas eksperimen 76,26 ,karena F hitung <
table yaitu 0,73 < 3,48 maka Ho diterima artinya varians sama atau himogen. Data
nilai kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan uji hipotesis 5% diketahui yaitu
Thitung tebih dari Ttabel pada taraf signifikan 5 %= 0,05 adalah 4,170 > 1,671
dan Thitung pada taraf signifikan 1% =0,01 adalah 4,170 > 2,390
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pertama untuk Guru-guru
menggunakan pedoman metode dalam pembelajaran menulis teks negosiasi salah
satunya menggunakan metode role playing, Kedua untuk peserta didik selalu
aktif dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas dan dianjurkan sering menulis
baik secara individu maupun kelompok, dan ketiga peneliti dapat dijadikan
pengalaman dalam menguji sebuah model pembelajaran khususnya metode role
playing dapat dilanjutkan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:10
Last Modified: 24 Oct 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6518

Actions (login required)

View Item
View Item