WAHYUNI, SUCI (2021) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS BERDASARKAN KECERDASAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PJJ DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SUCI WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tingkat kemampuan berpikir kritis matematis masing-masing siswa
berbedasesuai dengan kecerdasan yang dimiliki, maka diadakan penelitian ini
yang bertujuanuntuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa
SMP pada PJJ di Masa Pandemi Covid-19 berdasarkan kecerdasan Multiple
Intelligences yang terdiri dari kecerdasan logika matematika, linguistik, dan
spasial.
Penelitian
ini
menggunakan
jenis
penelitian
deskriptif
kualitatif
dengansubjek
penelitian
siswa
kelas
VIII
SMP
Negeri
1
Karangawenyang terdiri dari 51 siswa kemudian dipilih berdasarkan kecerdasan
siswa yang paling menonjol dari seluruh siswa yaitu 1 siswa dengan kecerdasan
logika matematika, 1 siswa dengan kecerdasan linguistik, dan 1 siswa dengan
kecerdasan spasial. TeknikPengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes
tertulis, wawancara, dandokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan
logika matematika mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kritis
matematis yang artinya siswa termasuk dalam kategori sangat kritis, siswa dengan
kecerdasan linguistik mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis
matematis yang artinya siswa termasuk dalam kategori kritis, dan siswa dengan
kecerdasan spasial hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir
kritis matematis yang artinya siswa termasuk dalam kategori kurang kritis.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis; Multiple Intelligences.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:09 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6512 |