PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU SMP SEKECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO

RIYATININGRUM, RIYATININGRUM (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU SMP SEKECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIYATININGRUM  21510115.pdf] Text
RIYATININGRUM 21510115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Riyatiningrum. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya
Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kompetensi Guru SMP Sekecamatan
Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Tesis. Pembimbing I Dr. Ngasbun Egar,
M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Yovitha Juliejantiningsih. M.Pd.
Kompetensi yang baik akan mendorong semangat kerja guru untuk dapat
menyelesaikan tugas-tugasnya dibutuhkan guru yang memiliki kompetensi guru
yang baik, dengan kompetensi guru yang tinggi diharapkan mampu meningkatkan
kompetensi guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh supervisi
akademik terhadap kompetensi guru, (2) untuk menganalisis pengaruh budaya kerja
terhadap kompetensi guru, (3) untuk menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap
kompetensi guru, dan (4) untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik, budaya
kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kompetensi guru.
Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jenis penelitian
korelasional. Populasi penelitian 227 guru dan sampel penelitian 145 guru.
Pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data
diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana
dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi akademik berpengaruh
terhadap kompetensi guru sebesar 64,5%, dengan persamaan regresi Ŷ = 14.307 +
1,33X 1 dengan nilai koeficient korelasi sebesar 0,803%. 2) budaya kerja
berpengaruh terhadap kompetensi guru sebesar 76,9%, dengan persamaan regresi
Ŷ = 2,582 + 0,877X 2 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,877. 3) Disiplin kerja
terhadap kompetensi guru sebesar 78,1%, dengan persamaan Ŷ = 3,449 + 1,496X 3 .
Kemudian nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,884. 4) supervisi akademik,
budaya kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kompetensi guru sebesar
78,2%, dengan persamaan Ŷ = 2,382 + 0,196 X 1 + 0,111 X 2 + 1,223 X 3 . Kemudian
nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,884. Simpulan penelitian ini adalah
supervisi akademik, budaya kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap
kompetensi guru sebesar 78,2%. Penulis menyarankan agar kepala sekolah
melakukan refleksi dan evaluasi terhadap supervisi akademik, budaya kerja guru
dan disiplin kerja. Guru dapat mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat
meningkatkan kompetensi guru.
Kata Kunci: Kompetensi guru, Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Disiplin kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:33
Last Modified: 09 Jan 2024 06:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item
View Item