ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SD PLUS LATANSA KABUPATEN DEMAK

-, SUCANDRA (2021) ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KOSAKATA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV DI SD PLUS LATANSA KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SUCANDRA.pdf] Text
SUCANDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

SUCANDRA17120374. “Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran
Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten
Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I : Muhammad
Arief Budiman,S.S.,M.Hum. Pembimbing II : Khusnul Fajriyah,S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini di latarbelakangi karena terdapat siswa kelas IV mengalami
kesulitan belajar penguasaan kosakata pembelajaran muatan lokal Bahasa Inggris.
Hal tersebut dikarenakan hasil belajar siswa yang diperoleh kurang maksimal
masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) Apa penyebab
kesulitan penguasaan kosakata dalam pembelajaran muatan lokal Bahasa Inggris
pada siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak. (2) Bagaimana solusi
untuk kesulitan penguasaan kosakata dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada
siswa kelas IV di SD Plus Latansa Kabupaten Demak. Tujuan dari penelitian ini
yaitu (1) Mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan penguasaan kosakata dalam
pembelajaran muatan lokal Bahasa Inggris pada siswa kelas IV di SD Plus
Latansa Kabupaten Demak. (2) Mendeskripsikan solusi untuk kesulitan
penguasaan kosakata dalam pembelajaran muatan lokal Bahasa Inggris pada siswa
kelas IV di SD Plus Latansa kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripsi yaitu penelitian
mendeskripsikan hasil temuan-temuan yang diperoleh dari lapangan. Subjek yang
diambil 12 siswa kelas IV dan guru Bahasa Inggris. Pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah wawancara, angket, hasil pekerjaan siswa dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
66,67% (8 siswa) mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata Bahasa
Inggris pada materi makanan dan minuman (food and drink). Faktor penyebab
kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri siswa (internal) mengenai kesulitan
belajar siswa dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris di antaranya yaitu (1)
kondisi tubuh, (2) kecerdasan siswa, (3) minat belajar siswa yang rendah, (4)
motivasi belajar siswa yang rendah dan (5) sikap kebiasaan belajar siswa. Faktor
penyebab kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa (eksternal) mengenai
kesulitan belajar siswa dalam penguasan kosakata Bahasa Inggris di antaranya
yaitu (1) gangguan dari teman saat pembelajaran, (2) kurangnya perhatian guru
kepada siswa, (3) penyajian materi yang kurang menarik, (4) penggunaan media
yang kurang maksimal dan (5) sarana dan prasana kurang mewadahi. Solusi
kesulitan dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris di antaranya yaitu (1)
mengecek hafalan kosakata siswa, (2) pemilihan metode yang tepat, (3)
penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan menarik, (4) menciptakan
suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Dari penelitian ini diharapkan agar para guru mengetahui berbagai faktor
penyebab terjadinya kesulitan belajar pada siswa. dengan demikian para guru
diharapkan mampu memberikan solusi yang tepat sesuai dengan faktor yang
disebutkan di atas, sehingga para siswa mampu mengikuti KBM dengan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:59
Last Modified: 24 Oct 2024 02:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6505

Actions (login required)

View Item
View Item