PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN MEDIA PUZZLE BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 2B SEMESTER 1 SD ISLAM PRIMADANA SEMARANG

WIGATI, SRI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN MEDIA PUZZLE BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 2B SEMESTER 1 SD ISLAM PRIMADANA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SRI WIGATI 18126004.pdf] Text
SRI WIGATI 18126004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SRI
WIGATI.NPM
18126004.
PENINGKATAN
HASIL
BELAJAR
MATEMATIKA
MATERI
BANGUN
DATAR
MELALUI
MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN MEDIA PUZZLE
BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS 2 B SEMESTER 1 SD ISLAM
PRIMADANA SEMARANG .Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Permasalahan pembelajaran muatan pelajaran matematika tersebut juga
dijumpai di kelas II B SD ISLAM PRIMADANA muatan pelajaran matematika
materi bangun datar masih belum optimal karena guru kurang mengadakan
inovasi dalam model pembelajaran serta guru belum menggunakan media yang
menarik sehingga siswa belum sepenuhnya aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Islam
Primadana Semarang yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian adalah hasil
belajar siswa. Data yang didapatkan dari teknik observasi yaitu data yang
berkaitan dengan keaktifan siswa. Sedangkan data yang didapatkan dari tes yaitu
hasil belajar siswa.
Hasil belajar siswa kelas II B SD ISLAM PRIMADANA pra siklus
dimana ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 57,2 % dengan
rata-rata kelas 67. Pada siklus I hasil belajar siswa ketuntasan belajar siswa secara
klasikal naik menjadi 75 % dengan rata-rata kelas 73. Pada siklus II hasil belajar
menunjukkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal naik menjadi 92,8 %
dengan rata-rata kelas 86.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan model pembelajaran
kooperatif STAD dan media pembelajaran puzzle bangun datar pelajaran
matematika dapat meningkatakan hasil belajar siswa dan keaktifan pada SD Islam
Primadana Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:49
Last Modified: 24 Oct 2024 02:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item
View Item