NURIKA, LAILA (2021) ANALISIS KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI MRANGGEN 2. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LAILA NURIKA SKRIPSI 17120209.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
LAILA NURIKA. 17120209. “ Analisisi Kendala Guru Dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Mranggen 2”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang mendorong adanya penelitian ini adalah adanya pandemi
covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran menjadi daring (online). Dalam
pembelajaran daring (online) tersebut muncul kendala-kendala yang dihadapi
guru sehingga berpengaruh terhadap proses pelaksanaan pembelajaran. Untuk itu
peneliti berisiatif untuk melakukan penelitian tentang kendala guru dalam
pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Mranggen
2.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses
pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SD Negeri
Mranggen 2 dan bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam proses
pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SD Negeri
Mranggen 2. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses
pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SD Negeri
Mranggen 2 dan menganalisis tentang kendala yang dihadapi guru dalam proses
pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 di SD Negeri
Mranggen 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif berupa anggapan dan
fakta melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang
dilakukan dengan cara mendeskripsikan temuan bahwa proses pelaksanaan
pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara daring (online)
melalui whatsapp group dan luring untuk pengumpulan tugas. Kemudian kendala
guru yang dialami saat pelaksaan pembelajaran yaitu 1) kurangnya sarana
prasarana yang dimiliki oleh siswa, karena latar belakang orang tua siswa yang
bermacam-macam, 2) kurangnya kreativitas yang dialami oleh guru pada saat
pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan materi dan tugas melalui
WhatsApp Group, 3) koneksi internet yang tidak stabil.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
orang tua harus mengalokasikan ketersediaan waktu untuk mendampingi anak
pada saat pembelajaran, guru sekali waktu bisa mendatangi rumah siswa untuk
memberikan materi ajar kepada siswa atau menghubungi langsung orang tua
siswa untuk memberikan tugas, guru tidak harus memberikan tugas yang banyak
kepada peserta didik agar mereka tidak merasa terbebani mangingat tugas tidak
hanya berasal dari satu mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:31 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6480 |