NURLAILA, - (2021) PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Laila fix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Nurlaila, NPM 17410074. “Penggunaan Tanda Baca dalam Pembelajaran
Menulis Karya Ilmiah pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 11 Semarang
Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd. dan
Pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik untuk
memahami Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) terutama dalam
aspek penggunaan tanda baca. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan
melakukan analisis terhadap penggunaan ejaan tanda baca karya ilmiah untuk
mengetahui penggunaan tanda baca yang digunakan peserta didik sesuai dengan
fungsinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
tanda baca dalam pembelajaran menulis karya ilmiah pada peserta didik kelas XI
SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2020/2021? Adapun tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan wujud penggunaan tanda baca dalam pembelajaran
menulis ilmiah pada peseta didik kelas XI SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran
2020/2021.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik
catat. Peneliti menyimak, kemudian mencatat penggunaan tanda baca dalam karya
ilmiah peserta didik.
Hasil penelitian berupa penggunaan tanda baca menulis karya ilmiah pada
karangan peserta didik. Penggunaan tanda baca didominasi penggunaan tanda titik
sebagai mengakhiri kalimat, dan penggunaan tanda koma untuk memberikan jeda
antar kalimat.
Berdasarkan hasil penelitian pada data peserta didik menulis karya ilmiah
dapat disimpulkan bahwa, penggunaan tanda baca dalam karya ilmiah peserta
didik yang sering digunakan yaitu tanda titik (.) dan tanda koma (,). Penggunaan
tanda baca yang digunakan dalam karya ilmiah peserta didik meliputi 9 dari 15
kategori, dan dikelompokkan berdasarkan fungsi masing-masing.
Penulis menyarankan kepada pendidik untuk memberikan tambahan
pengetahuan kepada peserta didik mengenai jenis-jenis tanda baca yang terdapat
dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Peserta didik perlu
mempelajari penggunaan tanda baca, supaya penggunaan tanda baca dalam tulisan
lebih beragam.
Kata kunci: menulis, karya ilmiah, tanda baca
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:28 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6477 |