MULYANI, SRI (2021) KEEFEKTIFAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KUNCIR 2 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SRI MULYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
SRI MULYANI. NPM 17120145. “Keefektifan Media Google Classroom
Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD
Negeri Kuncir 2 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang 2020. Dosen Pembimbing I : Moh. Aniq Khairul Basyar, S.Pd.,M.Hum
Dosen Pembimbing II : Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn.,M.Pd.
Latar belakang yang penelitian ini adalah penggunanan media aplikasi
google classroom kurang efektif digunakan untuk pembelajaran daring disaat
pandemi sekarang ini. karena banyaknya kendala seperti, sinyal yang kurang
memungkinkan untuk menggunakan aplikasi google classroom, dan sebagian
siswa yang tidak memiliki handphone sendiri. Berdasarkan masalah-masalah yang
telah di jelaskan sebelumnya maka peneliti akan menggunakan media google
classroom agar dapat mempermudah guru dalam melakukan pembelajaran daring
pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini untuk mencapai suatu tujuan yang akan
dicapai. Pemilihan model dan media pembelajaran ini dikarenakan peneliti ingin
menciptakan suasana belajar yang efektif dalam pembelajaran sehingga
pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak cenderung merasa jenuh.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media google classroom
efektif digunakan dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPA pada
siswa kelas V SD Negeri Kuncir 2 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
keefektifan media google classroom dalam pembelajaran daring terhadap hasil
belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Kuncir 2 Demak tahun pelajaran
2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah
kelas V SD Negeri Kuncir 2 Demak. Sampel yang diambil adalah 24 siswa kelas
V SD Negeri Kuncir 2 Demak. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi,
dan dokumentasi.
Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung sebesar
9,468213074 dan ttabel sebesar 1,807581272 dengan taraf 5% (thitung > ttabel).
Peningkatan rata-rata hasil posttest sebesar 91,08. Hal ini dibuktikan dengan nilai
siswa yang mencapai KKM 65 sebanyak 24 siswa tuntas dengan nilai tertinggi
100.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
media google classroom agar dapat mempermudah guru dalam melakukan
pembelajaran daring pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini untuk mencapai
suatu tujuan yang akan dicapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6473 |