PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI FAKTOR KELIPATAN BILANGAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA SD DI KOTA SEMARANG

NISA, LAELA FARCHATUN (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI FAKTOR KELIPATAN BILANGAN BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA SD DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LAELA FARCHATUN NISA.pdf] Text
LAELA FARCHATUN NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

LAELA FARCHATUNISA. NPM 16120497. “Pengembangan Bahan Ajar pada
Materi Faktor Kelipatan Bilangan Kelas IV Berbasis Pendekatan Open-Ended
untuk Meningkatkan Penalaran Siswa di SD Kota Semarang”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd., Dosen
Pembimbing II Singgih Adhi P S.Sn., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahan ajar yang
tersedia kurang menunjang kegiatan pembelajaran dan mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari. Rendahnya kemampuan penelaran siswa dan kurangnya
dorongan dari guru, serta belum ada pengembangan bahan ajar materi faktor
kelipatan bilangan berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan
kemampuan penalaran siswa di SDN Pleburan 03 Semarang.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan bahan
ajar pada materi faktor kelipatan bilangan berdasarkan penliana ahli dan uji coba
awal lapangan? Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian adalah untuk
mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended pada materi
faktor kelipatan bilangan kelas IV untuk meningkatkan penelaran siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Subjek penelitian ini adalah empat validator (Ahli materi, ahli
media dan guru kelas). Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif
kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi isi dan konstruk, serta
uji coba lapangan awal. Model yang digunakan untuk mengembangkan produk
bahan ajar yaitu model Borg and Gall. Keterbatasan penelitian ini terbatas pada
studi pendahuluan berupa angket kebutuhan awal yang diberikan pada satu guru
saja yang menyebabkan penelitian kurang sempurna. Pengumpulan data
didapatkan dari penilaian validasi isi, validasi konstruk, dan ujicoba lapangan
awal di SDN Pleburan 03 Semarang.
Hasil dari penelitian dan pengembangan di dapatkan rata-rata skor validasi
isi materi tahap 1 yaitu 49,58% dengan kategori “revisi”, lalu pada validasi tahap
2 mengalami peningkatan dan diperoleh hasil 92,29% dengan kategori “layak”
dan “tanpa revisi”. Sedangkan, validasi media tahap 1 diperoleh hasil 50,25%
dengan kategori “cukup layak” dan “revisi”, pada validasi tahap 2 mengalami
peningkatan dan diperoleh hasil 95% masuk dalam kategori “sangat layak” dan
“tanpa revisi”. Hasil uji coba lapangan terhadap satu guru kelas tinggi di SDN
Pleburan 03 memperlihatkan rata-rata angket isi materi yaitu 77,08% masuk
dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi” dan rata-rata hasil validasi struktur
bahan ajar sebesar 90% masuk dalam kategori “layak” dan “tanpa revisi”.
Kesimpulaanya bahwaa Bahan Ajar Materi Faktor Kelipatan Bilangan
Berbasis Pendekatan Open-Ended bisa digunakan dalam pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas IV. Saran yang dapat peneliti
sampaikan adalah guru lebih sering memberi persoalan-persoalan yang sifatnya
terbuka untuk mengasah kemampuan penalaran siswa.
Kata kunci: Pengambangan, Bahan Ajar, Penalaran, Pendekatan Open-Endeed.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:22
Last Modified: 24 Oct 2024 02:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item
View Item