APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK STATIS UNTUK SISWA KELAS IX DENGAN MENGGUNAKAN UNITY

Handhayani, Sri (2021) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK STATIS UNTUK SISWA KELAS IX DENGAN MENGGUNAKAN UNITY. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Sri Handhayani.pdf] Text
Sri Handhayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran saat ini
masih terbilang banyak yang belum layak dan efektif untuk diterapkan dalam
pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut dapat
dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran yang layak, sehingga siswa
dapat lebih efektif selama proses pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Gunungwungkal pada tahun ajaran
2021/2022. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall.
Untuk menguji kelayakan aplikasi media pembelajaran listrik statis yang telah
dihasilkan dilakukan pengujian kelayakan dan efektivitas oleh pihak validator
yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan respon pengguna yang dilakukan oleh
siswa kelas 9A dan 9C. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
pengisian angket penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media pemebelaran listrik
statis yang dihasilkan dapat dikatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan
dalam proses pemebelajaran. Hal ini diketahui melalui perhitungan persentase
kelayakan sebesar 87,26% dan persentase efektivitas sebesar 80% sehingga
aplikasi media pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat layak dan
efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan kriteria
kelayakan dan efektivitas yang telah ditentukan.
Kata Kunci : Aplikasi, Media Pembelajaran, Listrik statis, Kelayakan, Efektivitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:14
Last Modified: 24 Oct 2024 02:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6464

Actions (login required)

View Item
View Item