PROFIL MULTIPEL REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN TEKNOLOGI WOLFRAM ALPHA

KHOTIMAH, KUSNUL (2021) PROFIL MULTIPEL REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN TEKNOLOGI WOLFRAM ALPHA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KUSNUL KHOTIMAH.pdf] Text
KUSNUL KHOTIMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kecerdasan
multipel
representasi
memiliki
peranan
penting
pada
perkembangan peserta didik terutama dalam mempelajari konsep-konsep
matematika. Siswa SMP yang sudah mulai ke arah pembelajaran abstrak sudah
selayaknya difasilitasi tools pembelajaran matematika yang mengarah pada
multipel representasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multipel
representasi matematis siswa dengan kecerdasan logis-matematik, kecerdasan
visual-spasial, dan kecerdasan naturalistik dalam memahami konsep bangun
ruang sisi datar menggunakan teknologi wolfram alpha. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes angket
multiple intelligence, tes representasi matematis, dan wawancara. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas IX A SMPN 1 Jaken. Subjek penelitian yaitu 6 siswa
terdiri dari 2 siswa Kecerdasan Logis-Matematik, 2 siswa kecerdasan visual-
spasial, dan 2 siswa kecerdasan naturalistik. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa (1) Subjek Logis-Matemati belum menunjukkan menggunakan indikator
represesntasi visual. (2) subjek visual –spacial mampu menggunakan indikator
representasi (3) Subjek kecerdasan Naturalistik Spacial belum menunjukkan
menggunakan representasi visual dan verbal.
Kata Kunci: Representasi Matematis, multiple intelligence, Wolfram alpha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:06
Last Modified: 24 Oct 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6459

Actions (login required)

View Item
View Item