ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ)

Arofah, Fadilatul (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of FADILATUL AROFAH-15310146.pdf] Text
FADILATUL AROFAH-15310146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berpikir aljabar adalah proses pemecahan masalah matematika yang
menggunakan huruf (variabel) dan melakukan aktivitas yang lebih dalam seperti
identifikasi masalah, merepresentasikan informasi secara simbolis, membuat
model matematika, serta menafsirkan dan menerapkan temuan matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir aljabar
siswa SMP dalammemecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan
emosional . Penelitian ini dilaksanakan di MTS NU22 Singorojo. Jenis penelitian
ini merupakan deskripstif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa
kelas VII BMTS NU 22 Singorojo tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 1
siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan rendah. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teskecerdasan emosional, tes
tertulis, wawancaraserta dokumentasi untuk mengabadikan semua hal-hal penting
yang dilakukan saat penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga
tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu dilakukan
dengan cara mengecek data dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini
adalah sebagai berikut: analisis kemampuan berpikir aljabar dalam memecahkan
masalah matematika subjek dengan kecerdasan emosional tinggi dan rendah
memenuhi 5 indikator, yaitu, generalisasi, abstraksi pemodelan, berpikir analitik,
dan berpikir dinamik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek
kemampuan emosional tinggi mampu memenuhi semua indikator; (2) Subjek
kemampuan emosional rendah mampu memenuhi semua indikator.
Kata
Kunci:
Kecerdasan
Emosional,
Kemampuan
Berpikir
Alajabar,
Memecahkan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:54
Last Modified: 24 Oct 2024 01:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item
View Item