ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA EBOOK DALAM PROGRAM KURIKULUM 2013 DI KELAS V SD NEGERI KOTA SEMARANG

PAMBUDI, FACHRIZA AGUNG (2021) ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA EBOOK DALAM PROGRAM KURIKULUM 2013 DI KELAS V SD NEGERI KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Fachriza Agung Pambudi_16120492_Skripsi pdf.pdf] Text
Fachriza Agung Pambudi_16120492_Skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FACHRIZA AGUNG PAMBUDI. NPM 16120492 “ Analisis Kebutuhan media
Ebook dalam Program Kurikulum 2013 di SD Negeri kota Semarang”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bapak Henry Januar Saputra, S.Pd.,
M.Pd. serta Pembimbing II Ibu Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. Desember 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian analisis kebutuhan ini adalah
kurangnya media pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kurikulum
2013. Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik dengan tenaga
pendidik. dengan memperhatikan bahan ajar atau media belajar yang sesuai akan
menciptakan pembelajaran yang terstruktur sesuai kebutuhan.
Dalam pengajaran di dalam sekolah terdapat tiga variabel utama yang
saling berkaitan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Ketiga variabel
tersebut adalah kurikulum, guru, dan media pembelajaran. Variabel yang tidak
kalah penting adalah media pembelajaran. Dalam hal ini permasalahan yang digali
adalah kebutuhan media pembelajaran dengan konsep digital atau biasa dikenal
Ebook adalah seperangkat media pembelajran yang dikemas menggunakan
bantuan teknologi. media pembelajaran juga merupakan salah satu penghubung
pendidik dengan peserta pendidik guna memunculkan ilmu yang baru. peraturan
mengenai isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (Undang- undang No. 2 Tahun 1989).
Oleh karena itu untuk mewujudkan penerapan kurikulum 2013 yang benar
diperlukan guru yang profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan,
melakukan monitoring, inovasi dan mengevaluasi.
Penelitian ini membahas bagaimanakan kebutuhan media Ebook dalam
program kurikulum 2013 di kelas V SD Negeri Kota Semarang. Penelitian ini
bertujuan
untuk
mendeskripsikan
kendala
kebutuhan
penerapan media
pembelajaran E-book program kurikulum 2013 pada proses pelaksanaan
pembelajaran di kelas V SD Negeri Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
deskriptif dengan menggunakan metode angket dan wawancara. Responden yang
terlibat adalah siswa kelas V, Guru kelas V, di SD Negeri Candi 01 semarang dan
SD Negeri Rejosari 2 Semarang, ahli materi Dosen.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan media
Ebook dalam program kurikulum 2013 di SD Negeri Kota Semarang adalah
87.35% meliputi pemahaman peserta didik terkait kurikulum 2013 dan
pemahaman kebutuhan media ebook 86.66%, wawancara kelayakan media
dengan guru 97.55%, dengan hasil rata – rata persentase diatas 80% artinya media
Ebook sangat dibutukan. Sehingga dalam hal ini kesiapan guru dalam menerapkan
pembelajaran berbasis online menggunakan handphone dan sistem aplikasi online
kurang begitu terskonsep dan perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:52
Last Modified: 24 Oct 2024 01:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item
View Item