SAFITRI, EVIANA (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MUATAN PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN NEGERI BERGASLOR 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
eviana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Eviana Safitri NPM 16120242 “Analisis Pembelajaran dalam Jaringan
(Daring) pada Muatan Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Pada Tema Lingkungan
Sahabat Kita Kelas V SDN Negeri Bergaslor 01”. Skripsi. Program Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021.
Dosen Pembimbing I Prasena Arsiyanto, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing II Ervina
Eka Subekti, S.Si., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini karena nilai siswa
mengalami penurunan, dikarenakan siswa kurang paham saat mengerjakan kuis
online karena kurangnya pemahaman siswa dengan orang tua tentang penggunaan
teknologi informasi menggunakan jaringan internet dan kurangnya dukungan dan
fasilitas yang diberikan orangtua yang berbeda — beda. Pembelajaran di rumah,
masih ada siswa merasa kurang terbimbing oleh guru karena kurangnya
pendampingan guru atau bimbingan tatap muka secara langsung. Adanya kesulitan
yang dialami guru dan siswa saat pembelajaran daring pada muatan Seni Budaya dan
Prakarya Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN Bergaslor 01.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring serta
hambatan dan dukungan pada masa WFH karena adanya wabah Covid -19 pada
muatan Seni Budaya dan Prakarya Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN
Bergaslor 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian
adalah kelas V SDN Bergaslor 01 yang terdiri dari 34 siswa. Subyek penelitian adalah
Guru dan Kepala Sekolah SDN Bergaslor 01 tahun pelajaran 2020-2021. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara.
Hasil dari penelitian ini berupa hasil pelaksanaan pembelajaran daring Kelas 5
tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Yaitu melalui media internet , zoom , youtube dan
whatsapp group semakin lama mengalami peningkatan dengan adanya latihan secara
terus menerus. Pernyataan tersebut diperkuat dengan nilai kuis siswa yang meningkat
dalam setiap Kompetensi Dasar yang dapat dilihat pada daftar Kuis Daring siswa K.D
3.3 Kelas V SDN Bergaslor 01. Kesimpulannya, bahwa melalui bimbingan daring
menggunakan media googlemeet , zoom , dan whatsapgroup secara rutin SDN
Bergaslor 01 dapat meningkatkan keterampilan mutu dan keterampilan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah fasilitas
pembelajaran daring pada sekolah SDN Bergaslor 01 untuk siswa maupun guru
ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6441 |