Komariyah, - (2021) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH, TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Komariyah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Komariyah, 2020. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, dan Iklim
Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan
Ampelgading Kabupaten Pemalang”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Titik Haryati, M.Si, (2)
Dr. Noor Miyono, M.Si.
Dalam konteks keberhasilan pendidikan, motivasi kerja yang tinggi merupakan
salah satu faktor yang menentukan. Motivasi kerja yang tinggi dipengaruhi oleh peran
kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai pimpinan harus mampu memberikan petunjuk
dan pengawasan, meningkatkan kemauan tenaga kependidikan, membuka komunikasi
dua arah, dan mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif. Faktor lain yang dapat
meningkatkan motivasi kerja ynag tinggi adalah kepuasan kerja Seorang guru yang
merasa puas maka akan mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja. Selain itu iklim
organisasi sekolah yang kondusif akan menciptakan motivasi yang tinggi bagi para guru
dalam melaksanakan tugasnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh peran kepala
sekolah terhadap motivasi kerja , (2) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap
motivasi kerja, (3) untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap
motivasi kerja, dan (4) untuk mengetahui pengaruh peran kepala sekolah dan motivasi
kerja guru secara bersama-sama terhadap motivasi kerja.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan
Ampelgading Kabupaten Pemalang yang berjumlah 347 . Setelah dihitung dengan rumus
Slovin diperoleh sampel sebanyak 172 orang dengan menggunakan teknik proporsional
random sampling.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuisioner/ angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana
dan analisis regresi ganda.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan
Peran kepala sekolah secara parsial terhadap Motivasi kerja, sebesar 0,198 atau 19,8%,
dengan persamaan regresi Ŷ = 2,507 + 0,398 X1. 2) terdapat pengaruh yang
signifikan Kepuasan kerja secara parsial terhadap Motivasi kerja sebesar 0,333 atau
33,3%, dengan persamaan regresi Ŷ = 2,065 + 0,500 X2, 3) terdapat pengaruh yang
signifikan Iklim organisasi sekolah terhadap motivasi kerja sebesar 0,312 atau 31,2%,
dengan persamaan regresi Ŷ = 2,336 + 0,437 X3 dan 4) terdapat Peran kepala
sekolah, Kepuasan kerja, dan Iklim organisasi sekolah secara bersama-sama terhadap
Motivasi kerja sebesar 0,582 atau 58,2%, dengan persamaan regresi Ŷ = 0,600 +
0,235 X1 + 0,351 X2 + 0,260 X3.
Berdasarkan hasil penelitian maka direkomendasikan, (1) dinas pendidikan
memberikan penghargaan kepada guru untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan
peran kepala sekolah, (2) kepala sekolah menjalankan peranannya sesuai tugas pokok dan
fungsinya dalam upaya meningkatkan motivasi kerja, (3) guru hendaknya meningkatkan
motivasi kerjanya sebagai modal bagi keberhasilan pendidikan.
Kata kunci :
Peran kepala sekolah, Kepuasan kerja, Iklim organisasi sekolah,
Motivasi kerja .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6436 |