Yulianti, Euis Nopi (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Euis Nopi Yulianti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam
mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers
ditinjau dari motivasi belajar siswa tinggi, menganalisis kesulitan siswa dalam
mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers
ditinjau dari motivasi belajar siswa sedang, untuk menganalisis kesulitan siswa
dalam mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi
invers ditinjau dari motivasi belajar siswa rendah. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XII SMK Fatahilah Cipari yang berjumlah 32 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang memiliki motivasi tinggi,
berkecenderungan sedikit mengalami kesulitan dan dapat dilihat dari hasil
pekerjaan pada soal 1A dan 1B jawaban siswa benar, hanya pada soal 1B siswa
kurang tepat dalam memberikan kesimpulan pada akhir jawaban 2) Siswa yang
memiliki motivasi sedang, berkecenderungan mengalami kesulitan dan dapat
dilihat dari hasil jawaban 1A siswa tidak memberikan kesimpulan dan 1B siswa
tidak memahami konsep dan menerapkan prinsip 3) Siswa yang memiliki
motivasi rendah, berkecenderungan mengalami kesulitan dan dapat dilihat dari
jawaban siswa 1A dan 1B tidak memahami konsep, menerapkan prinsip dan
kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal.
Kata kunci : kesulitan siswa; motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:46 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6434 |