KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 1 SDN KLESEM 01 KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

-, WIGIANTI (2021) KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 1 SDN KLESEM 01 KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI-WIGIANTI.pdf] Text
SKRIPSI-WIGIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

WIGIANTI. NPM 16120061 "Keefektifan media Kartu Kata Bergambar
Terhadap Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SDN
Klesem 01 Kandangserang Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2020/2021".
Sekripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Mudzanatun,S.pd.,M.Pd dan M. Yusuf
Setya W,S.Pd, M.Pd. September.2021
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar muatan Bahasa Indonesia pada Tema 1 disebabkan karena kemampuan
membaca siswa yang masih kurang baik, hal ini disebabkan kurangnya
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal. Dalam
pelaksanaan pembelajaran masih banyak terpusat pada guru, kurangnya
penggunaan
media
pembelajaran
dalam
menyampaikan
materi
pembelajaran,sehingga minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran menjadi
cenderung rendah, dan berakibat pada pada hasil belajarnya yang rendah.
Permasalasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : apakah
penggunaan media kartu kata begambar dalam pembelajaran muatan Bahasa
Indonesia kelas 1 SDN 01 Klesem Kandangserang Kabupaten Pekalongan efektif
dalam meningkatkan hasil belajar? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah
untuk mencapai rumusan masalah yang telah ditentukan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam penelitian ini peneliti
menggunakan rancangan Pre Exsperimmental Design berupa One grup prestes-
posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah
30 peserta didik, yang di bagi menjadi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas
kontrol
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, data yang telah
diperoleh nilai posttest kelas kontrol dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi
57,5. Sedangkan nilai posttest kelas eksperimen diperoleh dengan nilai terendah
70 dan nilai tertinggi 92,5.
Terdapat perbedaan nilai hasil belajar pretes dengan posttes kelas
eksperimen (media kartu kata bergambar) dan kelas kontrol (konvensional) yang
signifikan berdasarkan hasil uji independen Sample T Test, yaitu signifikansi (
Sig. (2-tailed)) sebesar 0,001 < 0,05. Kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil
belajar lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media kartu kata bergambar pada kelas eksperimen lebih efektif
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan metode
konvensional dalam kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Oct 2024 01:43
Last Modified: 24 Oct 2024 01:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item
View Item