UTAMI, ESTRI PUNGKAS (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT INDRA KELAS IV SDN SENDANG MULYO 03 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ESTRI PUNGKAS UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ESTRI PUNGKAS UTAMI. NPM 19126025. “Keefektifan model pembelajaran
Jigsaw terhadap hasil belajar IPA materi alat indera kelas IV SD N Sendang
Mulyo 03 Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses
pembelajaran. Hal tersebut disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam
menggunakan metode pembelajaran yang mengajak siswa ikut berpartisipasi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Sendang Mulyo 03
semarang Tahun pelajaran 2018/2019?. Hipotesis penelitian ini adalah model
jigsaw efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran IPA di SD N Sendang Mulyo 03 Semarang. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah mengetahui keefektifan penggunaan model jigsaw
terhadap hasil belajar IPA materi alat indera siswa kelas IV SD N Sendang Mulyo
03 Semarang Tahun ajaran 2018/2019 dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil
belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain posttest-only control design. Populasi penelitian adalah
siswa kelas IVA dan IVB SD N Sendang Mulyo 03 Semarang tahun pelajaran
2018/2019. Sampel yang diambil adalah 42 siswa dengan menggunakan teknik
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan
wawancara.
Hasil analisis data berdasarkan hasil posttest menunjukan persentase
ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen 90,4% lebih dari kelas kontrol 76,2%.
Perhitungan uji normalitas data kelas eksperimen diketahui L0 (0,118) < Ltabel
(0,198) pada taraf 5% pada aspek kognitif untuk kelas eksperimen. Maka H0
diterima. Pada kelas kontrol diperoleh maka L0 (0,187) < Ltabel (0,1933) pada taraf
5% pada aspek kognitif. Maka H0 diterima. Jadi, dari perhitungan uji normalitas
dapat disimpulkan bahwa data nilai posttest berasal dari populasi berdistribusi
normal, serta hasil dari uji hipotesis menggunakan uji t sparated varians diketahui
thitung = 2,541 dengan ttabel = 2,021. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima dan
Ho ditolak atau hasil belajar IPA kelas IV SD N Sendang Mulyo 03 Semarang
yang menggunakan model jigsaw telah melampaui atau sama dengan KKM dan
dikatakan efektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru lebih dapat berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran agar
siswa lebih tertarik dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 01:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6428 |