Ramdhany, Esnu Rafy (2021) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE SAMSUNG (Study Kasus Pada Masyarakat di Desa Balapulang). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ESNU RAFY RAMADHANI_16810066.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Esnu Rafy Ramdhany NPM: 16810066, Analisis Pengaruh Kualitas
Produk, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen
Pada Produk Handphone Samsung (Study Kasus Pada Masyarakat di Desa
Balapulang), Program Studi manajemen, Fakultas ekonomi dan bisnis,
Universitas PGRI Semarang, tahun 2021.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Perusahaan handphone
Samsung berupaya meningkatkan kualitas produknya, menerapkan strategi
promosi yang tepat, serta membuat yakin dan percaya kepada konsumen bahwa
harga handphone Samsung tetap bersaing sehingga dapat mempengaruhi minat
beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis pengaruh kualitas
produk terhadap minat beli produk Samsung di desa balapulang.2) Untuk
menganalisis pengaruh promosi terhadap minat beli produk Samsung di desa
Balapulang. 3) Untuk menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap minat beli
produk smartphone Samsung di desa Balapulang. 4) Untuk menganalisis pengaruh
kualitas produk, promosi dan persepsi harga berpengaruh terhadap minat beli
konsumen pada produk smarphone Samsung di desa Balapulang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Tempat
penelitian dilaksanakan di desa Balapulang. Pendekatan penelitian ini adalah
pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel penelitian yaitu kualitas produk (X1),
promosi (X2), persepsi harga (X3), dan minat beli konsumen (Y). Teknik
pengumpulan data adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi, metode analisis
data adalah uji analisis regresi linier sederhana, uji t, uji F, dan uji koefisien
determinasi R2.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli produk smartphone Samsung di desa balapulang.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,480 dengan t
tabel n = 100 sebesar 1,984, maka t hitung > t tabel atau 3,480 > 1,984, yang
berarti bahwa hipotesis 1 diterima yaitu “Ada pengaruh yang positif dan
signifikan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. 2) Promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli produk smartphone Samsung di desa
balapulang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,629
dengan n = 100 sebesar 1.984, maka t hitung > t tabel atau 3,629 > 1.984, yang
berarti bahwa hipotesis 2 diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan
signifikan promosi terhadap minat beli konsumen. 3) Persepsi harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli produk smartphone Samsung di desa
balapulang. Hasil pengujian menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,643 dengan
dan t tabel n = 100 sebesar 1,984, maka t hitung > t tabel atau 3,643 > 1,984,
yang berarti bahwa hipotesis 3 dalam diterima yaitu ada pengaruh yang positif
dan signifikan persepsi harga terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Persepsi Harga , dan Minat Beli
Konsumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:21 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6424 |