PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MANGUNREKSO 01

PUJININGRUM, ERLINA (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MANGUNREKSO 01. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Erlina Pujiningrum.pdf] Text
Erlina Pujiningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ERLINA PUJININGRUM. NPM 17120045. “Pengaruh Perhatian Orang Tua
dan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar
Matematika Kelas V SD Negeri Mangunrekso 01”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Dr. Joko Siswanto, M.Pd dan Sukamto, S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar matematika,
apalagi dengan adanya pembelajaran daring guru tidak menjelaskan materi kepada
siswa, jadi siswa diminta untuk belajar mandiri dan guru memberikan tugas
kepada siswa. Selain itu orang tua tidak memperhatikan kegiatan belajar anak di
rumah karena sebagian besar orang tua siswa sibuk bekerja di luar kota. Hal ini
yang menyebabkan siswa kurang memperhatikan proses belajarnya dengan baik
karena siswa tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya dan minat belajar
siswa juga kurang sehingga hasil belajarnya rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh
perhatian orang tua pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika?,
2) Apakah terdapat pengaruh minat belajar siswa pada pembelajaran daring
terhadap hasil belajar matematika?, 3) Apakah terdapat pengaruh perhatian orang
tua dan minat belajar siswa pada pembelajaran daring secara bersama-sama
terhadap hasil belajar matematika? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa
pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri
Mangunrekso 01.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Mangunrekso 01. Sampel yang diambil
adalah 29 siswa kelas V dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh perhatian
orang tua pada pembelajaran daring secara signifikan terhadap hasil belajar
matematika sebab nilai signifikan 0,234 > 0,05. Bila perhatian orang tua naik satu
satuan maka hasil belajar matematika akan naik sebesar 9,4%. Terdapat pengaruh
minat belajar siswa pada pembelajaran daring secara signifikan terhadap hasil
belajar matematika sebesar 23,1% dengan nilai signifikan 0,026 < 0,05. Kemudian
terdapat pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa pada pembelajaran
daring secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri
Mangunrekso 01 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan pengaruhnya sebesar
32,5%.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu guru
sebaiknya memberikan pembelajaran yang inovatif supaya siswa merasa tertarik
untuk belajar, kemudian memberikan nasihat kepada orang tua meskipun
perhatian orang tua tidak berpengaruh terhadap hasil belajar tetapi jika dilakukan
dengan baik, siswa akan merasa terdorong untuk belajar dengan sungguh-sungguh
sehingga akan mengakibatkan perubahan pada hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:15
Last Modified: 23 Oct 2024 08:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item
View Item