KHOTIMAH, KHUSNUL (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI MARGASARI 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KHUSNUL KHOTIMAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
KHUSNUL KHOTIMAH. NPM 16120484. “Keefektifan Model
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Kelas III SD Negeri Margasari 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Negeri Margasari 01.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model problem
based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III
SD Negeri Margasari 01?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif
atau tidaknya model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis
peserta didik kelas III SD Negeri Margasari 01.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode
eksperimen dengan desain penelitian One – Group Pretest – Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri
Margasari 01. Sampel yang diambil adalah 25 peserta didik dengan menggunakan
teknik quota sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi,
tes, observasi, dan wawancara.
Dari nilai pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 50,08
sedangkan nilai posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata 76,28, serta
berdasarkan analisis uji t didapat thitung (5,510) ttabel (2,063) jadi H0 diterima
yang artinya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Negeri
Margasari 01 mencapai Ketuntasan Belajar Minimal yaitu 60.
Kesimpulannya bahwa model problem based learning efektif terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD Negeri Margasari 01.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti menyampaikan saran
agar model problem based learning dapat dijadikan alternatif guru dalam
mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:08 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6408 |