SULASTRI, ENDANG (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DIALOG SEDERHANA DENGAN MEDIA CLUECARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 AMBARAWA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ENDANG SULASTRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Endang Sulastri. ”Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Dialog Sederhana
Dengan Media Cluecard dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII F SMP
Negeri 1 Ambarawa Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Alfiah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Bambang Sulanjari, S.S., M.A. Agustus
2021.
Kata Kunci: keterampilan menulis, teks dialog sederhana, cluecard.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan
menulis teks dialog sederhana pada peserta didik kelas VII F SMP Negeri 1
Ambarawa dengan menggunakan media cluecard. Selain itu, bertujuan untuk
mendeskripsikan cara menciptakan pembelajaran dialog yang menyenangkan
dengan menggunakan media cluecard dalam pembelajaran jarak jauh.
Adapun penelitian ini masuk dalam jenis penelitian tindakan kelas, dengan
metode: (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan
(observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik unjuk kerja dan kuesioner. Alat pengumpulan data menggunakan lembar
unjuk kerja dan lembar kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini terbagi
menjadi dua, yaitu analisa data untuk data berjenis kuantitatif, berupa angka hasil
belajar peserta didik, dan analisa data untuk data kualitatif, berupa kalimat yang
menggambarkan hasil pengamatan observer terhadap pembelajaran yang
dilaksanakan. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang
diperoleh dari hasil tes tertulis pada setiap siklus.
Setelah dilakukan analisis data, ditemukan beberapa hasil penelitian sebagai
berikut yaitu: (1) Penggunaan media pembelajaran Cluecard dapat meningkatkan
keaktifan belajar dalam pembelajaran bahasa Jawa materi menulis teks dialog
sederhana peserta didik kelas VIIF Semester 2 SMP Negeri 1 Ambarawa Tahun
Pelajaran 2020/2021. Dari kategori rendah (49) sebelum tindakan menjadi
kategori tinggi (79) setelah tindakan dibuktikan dengan hasil observasi tentang
keaktifan belajar; (2) Tes unjuk kerja peserta didik terhadap penguasaan materi
keterampilan menulis teks dialog sederhana dalam pembelajaran bahasa Jawa
dengan media pembelajaran Cluecard terdapat peningkatan dari kategori cukup
(76,6) sebelum tindakan, menjadi kategori Baik (84,7) setelah tindakan; dan (3)
Penggunaan media pembelajaran Cluecard dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks dialog sederhana peserta didik kelas VIIF Semester 2 SMP Negeri 1
Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018 dari kategori cukup (76,6) sebelum
tindakan menjadi kategori baik (84,7) setelah tindakan dibuktikan dengan hasil tes
keterampilan menulis teks dialog sederhana.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6403 |